Advertisement

BPJamsostek Buka Pelatihan Bagi Pekerja Terkena PHK

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 26 November 2019 - 08:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
BPJamsostek Buka Pelatihan Bagi Pekerja Terkena PHK Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Yogyakarta Ainul Khalid ketika memberikan penjelasan mengenai program vokasi untuk pekerja yang terkena PHK, Jogja, Senin (25/11)./ Ist - BPJamsostek Cabang Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para  pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di wilayah DIY diberi kesempatan untuk mengikuti program Vokasi Indonesia Bekerja. Kegiatan ini digelar untuk menunjang keahlian dan keterampilan para mantan pekerja.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Yogyakarta Ainul Khalid mengatakan program vokasi tersebut hanya diberikan bagi para pekerja yang terkena PHK, masa kontrak habis atau tidak diperpanjang. Kota Jogja katanya, menjadi salah satu pilot project program vokasi tersebut selain Semarang dan Surakarta. "Kami akan memberikan pelatihan sesuai keahlian masing-masing mantan pekerja yang terkena PHK, termasuk yang resign atau habis kontrak," katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (25/11).

Advertisement

Mantan pekerja yang bisa mengikuti kegiatan tersebut, kata Ainul, adalah peserta yang di-PHK tidak lebih dari dua tahun. Selain itu, peserta vokasi sudah menjadi peserta BP Jamsostek selama minimal satu tahun. Untuk tahap awal, kata Ainul, BPJamsostek Yogyakarta bekerja sama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) DIY. Pelatihan vokasi angkatan pertama tersebut diikuti oleh sebanyak 20 orang peserta pada 7 November lalu. Para peserta diberi pelatihan membatik di BBKB selama tiga pekan. Bahkan peserta pelatihan mendapatkan uang saku Rp40.000 perhari.

"Kami memiliki kuota sebanyak 225 orang untuk kegiatan vokasi ini. Setelah mendapat pelatihan kami berharap mantan pekerja tersebut bisa kembali terserap di dunia kerja. Syukur-syukur bisa membuka usaha secara mandiri. Jadi kegiatan vokasi ini lebih pada penguatan skill dan keterampilan bagi mantan pekerja," katanya.

Selain bekerja sama dengan BBKB DIY, BPJamsostek Yogyakarta juga menyiapkan kerja sama dengan instansi lainnya untuk menggelar kegiatan vokasi. Seperti sektor garmen, kerajinan, pariwisata, otomotif, barista dan sebagainya. "Yang jelas, kegiatan vokasi ini digelar sesuai dengan keinginan dan minat peserta. Tentu menyesuaikan dengan daya tampung lokasi pelatihan. Seperti latihan menjadi chef, las listrik, dan sebagainya," katanya.

Hingga kini, jumlah peserta BPJamsostek di wilayah DIY untuk penerima upah sebanyak 260.613 orang, peserta bukan penerima upah 27.665 orang, peserta PMI (pekerja migran Indonesia) sebanyak 1.886 orang dan pekerja konstruksi 82.480 orang. Total jumlah peserta sebanyak 372.644 orang.

Mantan Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Jateng dan DIY Moch. Triyono yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan pentingnya perlindungan para pekerja. Berbagai program yang ditawarkan baik Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan juga Jaminan Pensiun akan melindungi kepentingan pekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement