Advertisement

Ini Cara Koko Cici Jogja Edukasikan soal Adaptasi Kebiasaan Baru

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 15 Juli 2020 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Ini Cara Koko Cici Jogja Edukasikan soal Adaptasi Kebiasaan Baru Potongan video new normal Koko Cici Jogja. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Koko Cici Jogja berinisiatif membuat video edukasi untuk adaptasi kebiasaan baru agar masyarakat lebih sadar dan siap untuk membiasakan berbagai hal baru, yang lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan.

Cici Jogja 2020, Catherine Presilia Gunawan menjelaskan konsep video edukasi itu akan dirancang secara lebih santai. Selain mengedukasi, video juga dirancang agar audiens tidak bosan saat menonton video, karena ada bagian-bagian yang menggelitik.

Advertisement

“Hal ini juga sesuai dengan target audiens kami yaitu generasi muda yang lebih tertarik dengan konten santai ketimbang konten yang kaku. Kami juga ingin menghibur masyarakat di tengah ketegangan menghadapi pandemi,” kata Catherine, Rabu (15/7/2020).

Catherine menjelaskan proses pembuatan video dilakukan melalui beberapa tahap. Pertama adalah penentuan topik yang kemudian disetujui oleh Pengurus Ikatan Koko Cici Jogja. Penentuan topik ini didiskusikan via daring lewat video konferensi.

Topik yang disetujui lantas diolah jadi konten dengan beberapa proses perancangan seperti misalnya penulisan skrip, pemilihan pemeran, dan juga penentuan tanggal unggah konten tersebut. Skrip yang sudah disetujui kemudian di-brief kepada para talent dari Koko Cici Jogja 2020.

Talent diberikan keleluasaan untuk membuat video secara pribadi di kediaman masing-masing karena kami mengutamakan anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul terlebih dahulu,” ucap dia.

Adegan-adegan yang sudah jadi, imbuh dia, selanjutnya dikumpulkan ke editor untuk kemudian disatukan dan diedit sesuai konsep yang telah disepakati. Hasil akhir video diserahkan kepada pengurus

Ikatan Koko Cici Jogja untuk didiskusikan terlebih dahulu terkait kelayakan konten untuk dipublikasikan. Setelah disetujui oleh Ikatan Koko Cici Jogja, konten diserahkan kepada Tim Multimedia untuk kemudian dipublikasikan di Instagram @kokocicijogja dan juga kanal Youtube Koko Cici Jogja.

“Intinya,  Koko Cici Jogja menyampaikan walaupun terpisah oleh jarak dan waktu, semua tetap bisa produktif dan menghasilkan karya-karya yang berkualitas serta berbobot untuk masyarakat. ke depan, kami juga berkomitmen terus memberikan konten-konten menarik dan akan dilakukan secara rutin. Maka dari itu jangan lupa untuk mengikuti seluruh media sosial Koko Cici Jogja agar tidak ketinggalan dengan konten-konten selanjutnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan sejumlah pihak yang terlibat dalam konten tersebut di antaranya adalah anggota keluarga besar Koko Cici Jogja. Project ini melibatkan pengurus ikatan Koko Cici Jogja sebagai penanggung jawab dan pendamping.

Skrip ditulis oleh Ci Angel, Ci Novera, Ci Vanessa, Ko Alfincent, dan Ko Bintang yang merupakan Koko Cici Jogja 2020. Adegan diperankan oleh Ci Jessy, Ci Denisa, Ko Alfincent, Ci Livia, Ci Catherine, Ci Okta dan dinarasikan oleh Ci Angel. “Video disunting oleh Ci Novera dan kemudian di-finishing serta dipublikasikan oleh Tim Multimedia Koko Cici Jogja 2020.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement