Harga Cabai di DIY Merangkak Naik

Harga Cabai di DIY Merangkak NaikIlustrasi cabai - Reuters
06 Oktober 2020 21:57 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Harga bahan kebutuhan pokok khususnya cabai merah konsumsi di sejumlah pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan memasuki musim tanam, bahkan kenaikan mencapai 30 persen dibanding kondisi normal.

"Harga cabai mengalami kenaikan, terutama cabai merah komsumsi yang saat ini memasuki masa tanam dan pemeliharaan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto di Yogyakarta, Selasa (6/10/2020).

Berdasarkan data pemantauan yang dilakukan Disperindag DIY pada 6 Oktober 2020 di Pasar Beringharjo, Pasar Demangan, dan Pasar Kranggan, Kota Yogyakarta, harga cabai merah keriting rata-rata Rp28.000 per kg atau naik dari pekan sebelumnya Rp20.000 per kg, sedangkan cabai merah besar Rp36.333 per kg naik dari sebelumnya Rp25.333 per kg.

Menurut Yanto, melonjaknya harga cabai itu dipicu meningkatkan permintaan pasar. Meski demikian, ia menegaskan hingga saat ini tidak ada kelangkaan karena persediaan komoditas itu di tingkat pedagang masih mencukupi.

"Kalau kelangkaan tidak ada. Persediaan masih cukup," kata dia.

Yanto memperkirakan harga cabai itu akan kembali normal pada saat mulai masa panen November dan panen raya pada Desember 2020.

Meski demikian, ia mengatakan agar harga cabai konsumsi di DIY segera terkendali, Pemda DIY akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan DIY untuk mendatangkan cabai dari luar daerah.

"Kami akan menginventarisir wilayah mana di Indonesia yang sedang panen raya cabai atau kelebihan produk yang nantinya kita akan mendatangkan dari sana," kata dia.

Sumber : Antara