Advertisement

Usaha Mikro Bisa Tembus Pasar Ekspor

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 19 Oktober 2020 - 06:57 WIB
Sunartono
Usaha Mikro Bisa Tembus Pasar Ekspor Pemilik CV Alas Gembol, M.Faisol mengecek penggaran furniture di tempat workshopnya, Sabtu (17/10). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berawal dari usaha mikro yang dirintis pada 2000, CV Alas Gembol milik M.Faisol yang bergerak pada usaha furnitur, kini berhasil menembus pasar internasional.

Faisol menceritakan bagaimana awal memilih usaha ini, karena melihat peluang pasar internasional yang ada, sementara belum ada yang mencoba menangkap peluang tersebut.

Advertisement

“Dulu masih melayani lokal, kemudian 2010 sudah 100 persen ekspor. Pemasaran kami lakukan lewat secara daring dan luring melalui pameran-pameran,” ucap Faisol saat ditemui di workshop-nya, Jalan Imogiri Barat Km.6,5, Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Sabtu (17/10/2020).

Kini pasar luar negeri seperti Eropa dan Amerika telah menjadi pelanggan tetapnya. Bahkan saat ini telah merambah ke Afrika. Usaha yang ia rintis mulai dari mengontrak sebuah tempat, hingga memiliki workshop sendiri saat ini, dan ke depan direncanakannya mengembangkan tempat produksi baru lagi, tidak lepas dari kerja sama permodalan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Syariah.

Dia mengaku kerja sama yang ia jalin dengan BPD DIY Syariah selama 12 tahun tersebut sangat membantu dalam pengembangan usahanya.

Berkembangnya usaha yang dirintis Faisol, juga berdampak positif pada masyarakat sekitar. Sekitar 84 orang membantu usahanya, yang mana setengahnya adalah perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement