Advertisement

Jokowi Ingin Indonesia Jadi Rujukan Global Ekonomi Syariah

Jaffry Prabu Prakoso
Rabu, 28 Oktober 2020 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Ingin Indonesia Jadi Rujukan Global Ekonomi Syariah Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi tentang UU Omnibus Law Cipta Kerja pada Jumat, 9 Oktober 2020, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. - BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan ekonomi dan keuangan syariah masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Sektor ini diminati berbagai negara di dunia.

Jokowi mencontohkan Jepang, Thailand, hingga Amerika Serikat tertarik dengan ekonomi dan keuangan syariah. Oleh karena itu, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia harus memanfaatkannya.

Advertisement

“Akselerasi percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional sebagai bagian dari transformasi menuju maju dan upaya menjadikan Indonesia sebagai rujukan ekonomi dan keuangan syariah global,” katanya dalam sambutan virtual, Rabu (28/10/2020).

Jokowi menjelaskan bahwa dalam mengembangkannya, pemerintah telah membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Lembaga tersebut dipimpin langsung oleh dirinya.

“Dengan strategi besar melakukan penguatan halal value chain, penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah, dan penguatan ekonomi digital,” jelasnya.

Sementara itu, Industri halal tercatat menjadi sektor yang tengah berkembang di dunia. Pada 2018, nilainya mencapai US$2,2 triliun. Pertumbuhannya 5,2 persen per tahun.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia berada pada 4 ranking dunia untuk pariwisata halal, nomor 3 fesyen muslim, dan 5 keuangan syariah. Namun, makanan halal Indonesia belum masuk 10 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement