Advertisement

Pilkada Harus Ketat Protokol Pencegahan Covid-19 Agar Bangkitkan Ekonomi

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 20 November 2020 - 09:57 WIB
Nina Atmasari
Pilkada Harus Ketat Protokol Pencegahan Covid-19 Agar Bangkitkan Ekonomi Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19 selama proses Pilkada 2020 harus diterapkan, agar dapat maksimal mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kepala Bank Indonesia (BI) DIY, Hilman Tisnawan mengungkapkan Pemilu sebelumnya dapat mendongkrak ekonomi, karena ada peningkatan konsumsi. “Mungkin tidak akan sebesar sebelum-sebelumnya dalam mendorong ekonomi ini, tapi tetap berpengaruh. Hal yang perlu diingat kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19. Harus diantisipasi efek negatif itu,” ucap Hilman, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Bukan Sekadar Ketetapan, Serikat Pekerja Minta UMK Bisa Dijalankan

Advertisement

Dia mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini dimungkinkan akan ada perubahan konsumsi. Jika biasanya digunakan untuk kegiatan kampanye terbuka, mungkin akan dialihkan untuk belanja ke kampanye yang menggunakan media digital.

Hilman mengungkapkan jika kegiatan Pilkada dapat berjalan, tanpa menimbulkan ledakan kasus Covid-19, diprediksinya Triwulan IV akan semakin baik dari Triwulan III. Hal itu dikarenakan selain adanya kegiatan Pilkada, akan ada libur akhir tahun, serta pemerintah akan memaksimalkan belanja di akhir tahun ini. “Prediksi akan lebih baik lagi pertumbuhan ekonomi, tumbuh bagus, dengan catatan tidak ada lonjakan kasus,” ucapnya.

Baca juga: Kotabaru Konsisten Kembangkan Lele Cendol dan Lorong Sayur

Sebelumnya diketahui, pertumbuhan ekonomi di DIY Triwulan III 2020 mengalami perbaikan jika dibandingkan pada Triwulan II 2020 meski masih minus. Penanganan Covid-19 dinilai menjadi salah satu kunci kembali membaiknya ekonomi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Heru Margono mengatakan perekonomian DIY triwulan III-2020 terhadap triwulan III-2019 masih mengalami kontraksi sebesar 2,84% (y-on-y). “Lebih ringan kontraksinya dibanding triwulan II-2020 yang mencapai 6,72%, dan berbalik arah jika dibanding periode yang sama tahun 2019 yang tumbuh 6,01%. Bila dibanding triwulan II-2020 perekonomian DIY tumbuh sebesar 9,24% [q-to-q],” ucap Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement