Advertisement

Pos Keuangan Rumah Tangga yang Harus Diutamakan

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 30 Desember 2021 - 14:27 WIB
Jumali
Pos Keuangan Rumah Tangga yang Harus Diutamakan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam kehidupan rumah tangga, menjadi penting untuk mengatur keuangan Anda untuk memenuhi kebutuhan, kewajiban ataupun untuk gaya hidup. Untuk memastikan, perlu bagi para pasangan membuat daftar pos keuangan yang perlu dialokasikan. Hal ini akan membantu para pasangan menyisihkan beberapa keuangannya dan meminimalisir pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan. Berikut beberapa pos pengeluaran yang perlu Anda siapkan dan Anda ketahui.

1. Pos biaya kehidupan sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari, maka biaya yang perlu Anda siapkan seperti bahan-bahan makanan, minuman, dan lain-lainnya. Pastikan bahwa Anda menyisihkan dana agar dapat memenuhi kebutuhan primer Anda dalam sehari-hari.
Selain menyisihkan dana, Anda juga perlu mempersiapkan perencanaan yang matang. Kurangi untuk membeli beberapa makanan atau cemilan yang di luar kebutuhan agar tidak mengalami pembengkakan pengeluaran.

2. Pos rumah
Dalam biaya pos rumah, hal ini meliputi seperti biaya sewa, cicilan, ataupun untuk membayar biaya air, listrik, ataupun sampah. Pastikan Anda mengelola hal ini semua agar tetap terorganisir. Baca Juga : 12 Alasan Perceraian Paling Umum Menurut Ahli

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

3. Pos biaya pendidikan anak
Edukasi menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi pihak orang tua. Untuk itu, pastikan Anda tidak menghambur-hamburkan uang agar dapat tetap memenuhi kebutuhan pendidikan Anak. Hal ini meliputi mempersiapkan dana untuk sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi, ataupun untuk biaya perlengkapan atau les lainnya.

4. Pos dana darurat
Mengalokasikan dana untuk keperluan darurat menjadi hal yang wajib dilakukan bagi para pasangan. Hal ini akan menolong Anda terutama jika terdapat suatu hal yang terjadi secara mendadak atau diluar dugaan. Pastikan Anda juga menyisihkan uang yang cukup banyak dalam dana darurat. Hal ini dapat membantu Anda jika Anda benar-benar membutuhkannya.

5. Pos untuk sosial
Menyisihkan uang untuk memberikan donasi atau bantuan sosial menjadi hal yang penting untuk membantu berbagai pihak yang membutuhkan. Jika terdapat salah satu saudara yang benar-benar membutuhkan, Anda juga dapat berdonasi melalui uang ini.

6. Pos untuk kebutuhan lainnya
Pos ini dapat berupa biaya untuk hiburan Anda ataupun untuk liburan Anda. Dengan menyisihkan secara teratur, maka Anda secara tidak langsung tidak perlu khawatir mengeluarkan uang yang banyak. Dengan menyisihkan biaya untuk hiburan ataupun liburan Anda, Anda juga dapat lebih optimal dalam menyusun rencana. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih ringan, dikarenakan telah menyisihkan uang terlebih dahulu.

7. Pos untuk investasi
Investasi juga menjadi pos yang perlu dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan dapat membantu Anda untuk memiliki dana untuk beberapa tahun kedepan, ataupun untuk masa pensiun Anda. Selain itu, jika Anda juga telah memiliki pemahaman dalam mengelola atau mengolah investasi, Anda juga akan lebih maksimal dalam menyiapkan dana untuk di masa depan.

8. Pos asuransi
Kesehatan menjadi hal yang penting terutama untuk di keluarga. Selain itu, perlu diingat bahwa biaya berobat juga memerlukan biaya yang cukup besar. Untuk itu, dengan memiliki asuransi dapat membantu para anggota keluarga menjadi lebih terjamin secara finansial, terutama jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Advertisement

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Musim Hujan, Warga di Bantaran Sungai Jogja Perlu Waspada!

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement