Advertisement

BSI Dukung Usaha Rakyat melalui UMKM Center di DIY

Media Digital
Jum'at, 10 Juni 2022 - 08:17 WIB
Jumali
BSI Dukung Usaha Rakyat melalui UMKM Center di DIY Direktur Utama BSI, Hery Gunardi (dua kiri), Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X (dua kanan) saat meresmikan BSI UMKM Center di Jalan Doktor Sutomo Nomor 8 Baciro, Gondokusuman, Kamis (9/6). - Harian Jogja / Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemda DIY menyambut baik hadirnya BSI UMKM Center di Jalan Doktor Sutomo Nomor 8 Baciro, Gondokusuman, yang resmi diluncurkan, Kamis (9/6). BSI UMKM Center sebagai wujud dukungan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengembangkan usaha rakyat yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan pemerintah mendorong UMKM memiliki daya saing di pasar global. Sehubungan dengan hal tersebut Pemda DIY menyambut dan mengapresiasi hadirnya BSI UMKM Center di DIY.

Advertisement

“Besar harapan BSI UMKM Center nanti dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja, yang merupakan pusat data koperasi dan UMKM, wadah pembinaan UMKM di DIY. Harapannya membantu perkembangan ratusan ribu UMKM di DIY, dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional,” ucapnya, saat meresmikan BSI UMKM Center.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengungkapkan kehadiran BSI UMKM Center di DIY merupakan bagian dari upaya BSI meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha di segmen tersebut. Sehingga terbentuk suatu ekosistem UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Visi besar BSI untuk mendukung pengembangan pelaku UMKM beralasan kuat. Hery menjabarkan bahwa UMKM menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19.

Mengacu data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dan memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Sektor UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,42% dari total investasi di Indonesia.

“Bayangkan jumlah UMKM yang ada di seluruh DIY, digabung dengan potensi bantuan pengembangan dari BSI dan impactnya untuk kemaslahatan masyarakat DIY. UMKM Center sebagai salah satu bentuk dukungan BSI untuk pengembangan UMKM di DIY. BSI dan UMKM tidak bisa dipisahkan, BSI dan UMKM itu senafas dan seirama,” ujar Hery.

Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi menambahkan BSI akan bersinergi dengan stakeholder yang didukung dengan adanya kurikulum dan modul yang komprehensif dan aplikatif sehingga tujuan menciptakan UMKM yang Go Halal, Go Digital dan Global dapat tercapai.

Komitmen nyata perseroan mengembangkan pelaku UMKM melalui BSI UMKM Center pun seiring program pemerintah pusat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Di mana stimulus ekonomi di antaranya di fokuskan di segmen usaha tersebut.

Advertisement

Bagi BSI sendiri, perseroan telah menyalurkan pembiayaan untuk segmen UMKM mencapai Rp40,8 triliun secara nasional dengan kualitas pembiayaan yang sangat baik. Nilai tersebut sekitar 23,05% dari total portofolio pembiayaan BSI.

Adapun khusus untuk DIY, penyaluran pembiayaan BSI ke sektor UMKM sudah mencapai Rp599,58 miliar per Mei 2022. Jumlah itu naik sekitar 23,76% sejak Desember 2021. Hal ini menandakan keseriusan perseroan dalam mendorong kemajuan usaha kerakyatan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Satpol PP Kulonprogo Tertibkan Lapak PKL di Alun-Alun Wates

Kulonprogo
| Selasa, 28 Juni 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement