Advertisement

Peningkatan Jumlah Pembeli di Tokopedia Ada di Pundong, Dlingo, Hingga Pleret

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 14 Juni 2022 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Peningkatan Jumlah Pembeli di Tokopedia Ada di Pundong, Dlingo, Hingga Pleret Vice Chairman and Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison (kanan) bersama tim Tokopedia, saat berkunjung di kantor Harian Jogja, Selasa (14/6/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATokopedia terus mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tokopedia Hyperlocal menjangkau seluruh masyarakat di berbagai daerah termasuk di DIY.

Vice Chairman and Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan tren dunia digital, termasuk ecommerce, saat ini mengalami peningkatan. Tokopedia yang menjadi salah satu ecommerce terbesar di Indonesia pun mencoba turut ambil bagian dalam ekosistem digital ini, untuk menggerakan dan mendukung pemerataan ekonomi.

Advertisement

BACA JUGA: Hore! Jokowi Putuskan Harga Tiket Candi Borobudur Batal Naik, Kuota Dibatasi

“Kami konsisten sesuai visi misi kami, untuk terus mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Sedikit demi sedikit menuju ke sana. Sudah banyak transaksi dari penjualan toko kecil di Tokopedia,” ucap Leon, saat berkunjung di kantor Harian Jogja, Selasa (14/6/2022).

Melalui Tokopedia Hyperlocal, Tokopedia fokus untuk mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi. Tokopedia mendorong UMKM untuk dapat adaptif dengan teknologi digital saat ini.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menambahkan salah satu inisiatif hyperlocal mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Selain itu, Tokopedia juga mengadakan Kelas Maju Digital (KMD) yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. “Kami memenuhi ekspektasi yang ada juga, dengan pengiriman yang lebih cepat, seperti same day,” ujar Ekhel.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan di DIY Tokopedia berkolaborasi dengan Pemda DIY mendorong kegiatan transaksi secara digital. Selain mendukung digitalisasi UMKM, Tokopedia menyediakan pelayanan membayar pajak daerah dan retribusi.

BACA JUGA: Indahnya! Warga Jogja Tangkap Fenomena Bulan Bercincin

Ia memaparkan sejumlah data pertumbuhan transaksi di DIY pada kuartal I 2022. Peningkatan transaksi paling tinggi di Depok, diikuti Ngaglik, Mlati, Umbulharjo, Banguntapan. Sementara itu peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Kabupaten Bantul dan Sleman, yakni di Dlingo, Jetis, Minggir, Pleret, Pundong. Kemudian jumlah penjual paling tinggi di DIY, ada di Jetis, diikuti Dlingo, Minggir, Seyegan, Turi. Transaksi yang ada tidak hanya berpusat di wilayah Kota Jogja.

“Kategori produk terlaris di DIY sepanjang kuartal I 2022, yaitu di kesehatan, kemudian handphone dan tablet, lalu makanan dan minuman, lalu elektronik, dan keperluan rumah tangga,” ucap Rizky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Profil dan Sepak Terjang Joko Pinurbo, Penyair Kenamaan yang Wafat di Usia 61 Tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement