Advertisement

GM The Rich Jogja Hotel, Purwanto: Bekerja Bagian dari Ibadah

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 20 Juli 2022 - 14:57 WIB
Sirojul Khafid
GM The Rich Jogja Hotel, Purwanto: Bekerja Bagian dari Ibadah General Manager The Rich Jogja Hotel, Purwanto. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

General Manager The Rich Jogja Hotel, Purwanto memiliki prinsip bekerja adalah bagian dari ibadah. Hal tersebut membuatnya saat bekerja, bukan menjadi sebuah beban. Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Herlambang Jati Kusumo.

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan tahun Purwanto bekerja di dunia pariwisata, khususnya perhotelan. Bekerja di perhotelan sebenarnya bukan tujuan awalnya. Selepas menyelesaikan SMA, ia sebenarnya telah mendaftar Akademi Militer, namun saat penentuan akhir dia dinyatakan tidak lolos. “Setelah itu mencoba mendaftar kerja apapun, ternyata nyantol di Sahid Group,” ucap pria kelahiran Karanganyar 55 tahun lalu itu.

Sekitar 1989 pun ia mulai merintis karier di perhotelan, dan berproses dari bawah mulai dari Bellboy Relief Receptionist. Berkat kerja keras dan komitmennya, ia pun berproses dari bawah dan selangkah demi selangkah mendapat amanah lebih tinggi. Hingga akhirnya ia dipercaya menjadi General Manager di sejumlah hotel milik Sahid Group.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Step by step setiap tahun ada promosi. Saya mengucapkan terima kasih ke Sahid Group yang memberi kesempatan saya. Saya banyak ditempa di sana,” kata Purwanto, Selasa (19/7/2022).

BACA JUGA: Liburan Sekolah Usai, Gelombang Wisatawan di DIY Mulai Surut

Purwanto mengaku bertahan hingga saat ini di dunia perhotelan karena menilai pekerjaan yang ia jalani saat ini sesuai passionnya. Ia mengaku senang bergaul dan bertemu orang baru, dan senang melayani. “Jabatan setinggi apapun di hotel harus tetap melayani. Saya senang membuat orang lain senang,” ucapnya.

Bekerja sebagai bagian Ibadah

Pria yang juga menjadi pengajar di sejumlah Perguruan Tinggi itu mengatakan selalu mencintai pekerjaan yang ia jalani. Baginya bekerja adalah bagian dari ibadah. Sehingga, berbagai tantangan yang ia hadapi pun bukan menjadi duka baginya. “Bekerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas,” ucap Purwanto.

Sebagai General Manager The Rich Jogja Hotel saat ini, ia berharap semua dapat senang dengan kinerjanya. Mulai dari tamu yang datang, pemilik, maupun karyawan lain yang bekerja dengannya. Ia selalu ingin membuat orang lain bahagia.

Menurut pria lulusan S3 Program Doktor Pascasarjana Penyuluhan Pembangunan UNS itu, Jogja memiliki potensi besar di sektor pariwisata. “Jogja punya kekuatan luar biasa. Mulai dari potensi destinasi wisatanya, hingga SDM yang baik. Saya kira ke depan akan lebih semarak hidup lagi DIY. Tinggal bagaimana mendorong SDM ini dapat memberi pelayanan yang terbaik,” ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tak Hanya Soal Kontrasepsi, Kampung KB di Jogja Garda Pembangunan Kesejahteraan

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement