Advertisement

Kaya Raya, Ini Daftar Pengusaha Properti Terbesar di Indonesia

Arlina Laras
Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Kaya Raya, Ini Daftar Pengusaha Properti Terbesar di Indonesia Ilustrasi investasi di sektor properti - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Di Indonesia terdapat sejumlah pengusaha properti besar. Mereka punya aset yang fantastis dan jadi pemain utama properti nasional.

Ada Eka Tjipta Widjaja dari Grup Sinar Mas alias pemilik PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), Mochtar Riady dari PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA) milik keluarga Ciputra. Sejumlah pengusaha lainnya yang juga memiliki perusahaan properti dengan total aset yang fantastis. Berikut ulasannya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah pemilik dari Sinar Mas Land. Adapun, berdasarkan keterangan resmi perusahaan Sinar Mas Land dibangun oleh dua perusahaan properti terkemuka yang sudah melantai di bursa: PT Bumi Serpong Damai, Tbk. dan PT Duta Pertiwi, Tbk. Melansir dari Forbes, dia dan keluarganya adalah orang terkaya ke-3 di Indonesia.

Berdasarkan Forbes, berkat perusahaannya itu Widjaja memiliki total kekayaan sebesar US$8,6 miliar atau setara dengan Rp133 triliun. Sejumlah proyek,seperti komplek perumahan, hotel, golf course, superblok, komplek commercial industri, hingga Ritel Trade Centre dengan label ITC di sejumlah kota besar di Indonesia telah sukses dibangun.

2. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan pendiri dari Lippo Karawaci, Tbk. (Lippo Group). Perusahaannya dikenal telah berhasil melakukan usaha terintegrasi yaitu diversifikasi berupa hunian, kota mandiri, apartemen, hotel, rumah sakit, mall bahkan hingga kawasan industri. Melansir dari Forbes, total kekayaan keluarga per Oktober 2022, mencapai US$1,2 miliar atau sekitar Rp21 triliun.

3. Ciputra

Advertisement

Ciputra adalah pendiri dan ketua PT Ciputra Development. Melansir dari Forbes, pada 2018, Dr. Ciputra sendiri masuk sebagai 50 orang Terkaya di Indonesia. Dalam majalah Forbes edisi 2019, Ciputra dan keluarganya mempunyai harta senilai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp16 triliun. Ciputra Development miliknya merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di tanah air dengan proyek di 33 kota.

4. Alexander Tedja

Alexander Tedja dikenal sebagai raja properti dan mal dari Surabaya dengan grup perusahaan di bawah bendera Pakuwon Group. Bahkan, dirinya kerap disebut sebagai konglomerat Raja Mal di Indonesia. Mengutip Forbes, pada 2022 Alexander Tedja memiliki kekayaan US$1,2 miliar atau sekitar Rp17,22 triliun.

Advertisement

5. Trihatma Kusuma Haliman

Trihatma adalah pemilik dari Agung Podomoro Land yang dikenal sebagai developer properti terbesar di Indonesia. Sebagai penerus dari Anton Haliman. Sejak Trihatma bergabung pada tahun 1973, Agung Podomoro Land mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dirinya pun mampu mengembangkan hotel, apartemen hingga resor.

6. Soetjipto Nagaria

Soetjipto Nagaria adalah seorang pengusaha properti yang mendirikan dan mengembangkan Group Summarecon Agung. Saat ini, dia menjabat sebagai Chairman di group Summarecon Agung, yang merupakan salah satu perusahan properti besar di Indonesia. Berdasarkan laporan Forbes per 20015, kekayaannya mencapai US$400 juta atau sekitar Rp6 triliun.

Advertisement

7. Harjanto Tirtohadiguno (The Ning King)

Harjanto Titrohadiguno merupakan salah satu konglomerat di Tanah Air dengan mendirikan perusahaan pengembang properti PT Alam Sutera Realty Tbk yang sudah berdiri sejak 1993 dengan nama PT Adhihutama Manunggal. Melansir dari Forbes, harta kekayaannya mencapai US$450 atau sekitar Rp6 triliun.

8. Kwee Cahyadi Kumala

Advertisement

Kwee Cahyadi Kumala alias Swie Teng adalah pemilik dari PT Sentul City Tbk yang bergerak di bidang pengembangan properti dan real estat dengan kegiatan usaha meliputi perencanaan dan pembangunan bangunan indoor dan outdoor seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit, rumah ibadah, dan lain sebagainya.

9. William Honoris

Melansir dari Bloomberg, William Honoris adalah pengusaha dari PT Modernland Realty Tbk. Melansir dari situs resminya, sebagai pengembang properti terkemuka di Indonesia, PT Modernland Realty Tbk telah mengembangkan berbagai profil proyek berkelas Indonesia, khususnya di Jabodetabek. Tiga proyek Perseroan yang paling substansial adalah Kota Modern, Modern Hill, dan modern Park.

10. Sugianto Kusuma

Advertisement

Sugianto Kusuma adalah pendiri perusahaan properti Agung Sedayu Group. Di Agung Sedayu Group, secara masif dia mengembangkan proyek perumahan, pertokoan, apartemen, dan kawasan niaga hingga kawasan industri, yakni Sedayu Square, Green Sedayu Biz Park Cakung, dan Green Sedayu Biz Park Daan Mogot.

11. Husodo Angkosubroto

Ayah Husodo Angkosubroto, Go Soei Kie merupakan pendiri grup Gunung Sewu, perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pertanian. Sejak ayahnya meninggal, membuat Husodo Angkosubroto dan ketiga saudaranya mewarisi perusahaan keluarga, Adapun per 2021, harta kekayaan sang keluarga mencapai US$1,2 miliar atau setara dengan Rp18,8 triliun.

12. BUMN

PT PP Properti Tbk adalah anak perusahaan BUMN dari PT PP (Persero) Tbk. Perseroan berdiri pada Desember tahun 2013, namun telah memiliki pengalaman sejak tahun 1991 dan Perseroan saat ini telah menjadi listing company di Bursa Efek Indonesia sejak Mei tahun 2015.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement