Advertisement

Ini 5 Resolusi Keuangan Tahun Baru 2023 & Cara Mencapainya

Ni Luh Anggela
Minggu, 01 Januari 2023 - 14:57 WIB
Sunartono
Ini 5 Resolusi Keuangan Tahun Baru 2023 & Cara Mencapainya Ilustrasi resolusi keuangan 2023 - Freepik.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Perayaan Tahun Baru 2023 merupakan momentum yang tepat membuat resolusi, termasuk terkait dengan keuangan. Berikut 5 resolusi keuangan 2023 yang bisa Anda buat beserta cara untuk mencapainya. 

Menurut survei dari Bank of America, sebanyak 41 persen responden mencapai resolusi 2022 mereka, dan 80 persen telah menetapkan resolusi baru di 2023. Adapun, beberapa resolusi keuangan atau financial planning teratas pada tahun ini termasuk meningkatkan tabungan, melunasi utang kartu kredit, memiliki dana darurat, hingga menabung untuk masa pensiun.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Perencana keuangan bersertifikat di Country Financial Chelsie Moore mengatakan, mencapai resolusi keuangan tidak akan terjadi dalam semalam dan sangat mudah untuk hilang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tujuan dan tolok ukur yang jelas.

“Anda tidak dapat memprioritaskan tujuan jika Anda belum tahu apa tujuan Anda. Jadi, tujuan pertama adalah memiliki tujuan dan memecahnya menjadi tujuan mikro kecil yang mudah dan dapat dicapai,” kata Chelsie dikutip dari Fortune, Minggu (1/1/2022).

Berikut 5 resolusi keuangan 2023 dan cara mencapainya

1. Tingkatkan Jumlah Saldo Tabungan

Ada cara mudah untuk meningkatkan tabungan Anda. Jika Anda menyimpan tabungan Anda di rekening tabungan konvensional, Anda mungkin bisa mulai mencoba menyimpan tabungan Anda di suatu tempat dimana saldo tabungan Anda akan terus bertambah seperti high-yield savings account atau sertifikat deposito.

2. Lunasi Utang Kartu Kredit 

Hutang kartu kredit bisa semakin bertambah tiap bulannya lantaran suku bunga kartu kredit cenderung lebih tinggi dibandingkan suku bunga jenis hutang lainnya.

Jika Anda bekerja untuk membayar hutang, pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan bulanan Anda dan bayar cicilan secara tepat waktu. 

Selain itu, Anda juga bisa meninjau kembali anggaran bulanan Anda dan mencari anggaran mana yang bisa Anda pangkas dan dialokasikan lebih banyak untuk membayar hutang kartu kredit. 

3. Memiliki Dana Darurat

Berdasarkan survei Bankrate, kurang dari separuh orang Amerika memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi keadaan darurat. 

Perencana Keuangan di First Horizon Advisors Holley G. Cary mengatakan, memiliki dana darurat adalah kunci untuk tetap mempertahankan tujuan Anda ketika ada hal tak terduga yang terjadi.

“Jumlah yang setara dengan enam hingga 12 bulan biaya tetap menjadi target Anda. Penghematan antara 10-12 persen dari pendapatan harus menjadi item tetap dalam anggaran bulanan Anda,” ujarnya.

Dengan cara ini, lanjut dia, Anda tidak perlu lagi berpikir untuk menyisihkan uang setiap bulannya.

4. Traveling atau Berlibur 

Jika melakukan traveling atau berlibur pada 2023 ada dalam daftar resolusi Anda, Anda harus memasukan rencana besaran biaya ke dalam anggaran Anda. Cara mudah untuk mencapai resolusi tersebut dan menghemat biaya perjalanan adalah dengan menemukan kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan perjalanan Anda.

Kartu kredit travel menawarkan banyak fasilitas, termasuk cashback, poin, dan miles yang bisa ditukarkan dengan pemesanan maskapai dan hotel. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan asuransi perjalanan gratis atau diskon dan asuransi mobil sewaan.

5. Menabung Dana Pensiun 

Para ahli mengatakan, menabung 5 hingga 10 persen dari pendapatan kotor Anda harus menjadi target Anda untuk masa pensiun. Persentase ini tidak termasuk jumlah yang Anda tabung dalam dana darurat Anda.

Apabila Anda ingin meningkatkan tabungan pensiun Anda pada tahun ini, coba pertimbangkan untuk meningkatkan kontribusi Anda di tempat kerja. Di beberapa tempat kerja, kontribusi yang besar bisa menambah pemasukan Anda.

Jika gaji Anda naik dalam waktu dekat, Anda bisa mengubah jumlah persentase Anda dan menabung lebih banyak untuk masa pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Klitih Titik Nol Jogja: Polisi Terima Laporan Korban, Ini Perkembangan Kasusnya

Jogja
| Kamis, 09 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement