Advertisement

Resmi Jadi Deputi Gubernur BI, Ini Visi Misi Filianingsih Hendarta

Maria Elena
Senin, 13 Februari 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Resmi Jadi Deputi Gubernur BI, Ini Visi Misi Filianingsih Hendarta Filianingsih Hendarta. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Komisi XI DPR RI resmi menetapkan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih untuk periode 2023-2028 pada Senin (13/2/2023).

“Sudah [ditetapkan], Filianingsih. Pertimbanganya tadi rapat internal antar Kapoksi [Kepala Kelompok Fraksi], dan diputuskan secara aklamasi,” kata anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, Senin.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, Fili nantinya menggantikan posisi Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya berakhir pada April 2023 mendatang.

Dalam paparannya saat fit and proper test, Fili menyampaikan visinya jika terpilih, yaitu mendorong terwujudnya perekonomian nasional yang berdaya tahan, progresif, dan inklusif, melalui strategi akselerasi transformasi ekonomi dan keuangan digital yang efektif dan sinergis untuk kebangkitan Indonesia.

Dia mengatakan bahwa laju perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19 masih dibayangi oleh ketidakpastian global yang tinggi dan scarring effect akibat pandemi, serta risiko resesi global yang disertai dengan laju inflasi yang tinggi.

BACA JUGA: Saham Blue Chip Ngebut di Awal 2023

Oleh karena itu, strategi kebijakan menurutnya tidak bisa lagi diramu berdasarkan business as usual, diperlukan upaya untuk bisa menangkap peluang yang muncul dari perubahan lingkungan strategis yang ada saat ini.

Dia menyampaikan, visi tersebut akan diwujudkan melalui beberapa strategi, di antaranya mengawal stabilitas moneter, memastikan dukungan pembiayaan ekonomi yang memadai dan inklusif, serta merumuskan dan mengimplementasikan langkah konkrit untuk mengakselerasi transformasi ekonomi dan keuangan digital.

“Dari sisi moneter, kebijakan suku bunga yang prostabilitas perlu dipertahankan. Di sisi nilai tukar, pasokan devisa, pengelolaan kewajiban valas terus diperkuat, pengayaan instrumen operasi moneter valas juga terus dilakukan termasuk term deposit valas devisa hasil ekspor,” kata dia.

Adapun untuk pengendalian inflasi, koordinasi pengendalian inflasi akan terus dimantapkan, di antaranya melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan penguatan Tim Pengendali inflasi, baik Pusat maupun daerah, juga kolaborasi dengan tim percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah.

Dikutip dari data BI, Filianingsih lahir di Surabaya pada 1963. Dia menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada 1985, kemudian mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada 1992.

Fili merupakan pejabat senior di BI. Dia mengawali karier di BI pada 1986 sebagai staf Departemen Internasional BI pada tahun tersebut. Hingga kemudian, pindah ke Kantor Perwakilan Surabaya.

Seiring bertumbuhnya kariernya, Fili pun menjajal jabatan sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Sebelum jadi Deputi, Fili menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lebaran Berlalu, Masih Ada Perusahaan di Sleman Belum Bayar THR

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement