Advertisement

Bank Indonesia Proyeksikan Inflasi DIY Melandai hingga Akhir 2023

Anisatul Umah
Jum'at, 02 Juni 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Bank Indonesia Proyeksikan Inflasi DIY Melandai hingga Akhir 2023 Ilustrasi inflasi - ekonomi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY memproyeksikan inflasi di DIY akan semakin melandai sampai dengan akhir tahun 2023 yang diperkirakan bisa mencapai sasaran 3% plus minus 1%.

Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan melandainya inflasi khususnya didorong oleh makin berkurangnya dampak penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun lalu. Serta didukung upaya dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY.

Advertisement

"Untuk menjaga kestabilan inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan [GNPIP] dengan tajuk 4K [Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif]," ucapnya, Jumat (2/6/2023).

BACA JUGA : Inflasi DIY April 2023, 0,22% Lebih Rendah dari Rata

Beberapa upaya yang dilakukan TPID untuk menjaga inflasi diantaranya melalui peningkatan produksi pangan daerah, prioritas pemenuhan kebutuhan daerah, operasi pasar secara terus menerus.

Kemudian pemenuhan kebutuhan melalui penambahan komoditas dan perluasan kerja sama antar daerah, serta mendorong kemandirian pangan. Melalui perluasan lumbung-lumbung pangan melalui Lumbung Mataraman.

"Selain itu, pemutakhiran data, sinergi dan koordinasi TPID DIY dengan berbagai instansi terkait akan terus diperkuat, untuk memastikan kelancaran dan kesinambungan sumber-sumber pasokan bahan pangan," jelasnya.

Meski diperkirakan inflasi akan semakin terkendali, namun ada beberapa risiko dan faktor yang perlu diwaspadai ke depannya. Seperti risiko El Nino yang berpotensi menurunkan produksi pertanian dan peningkatan permintaan antar daerah.

BACA JUGA : Inflasi DIY Bakal Terus Naik di Akhir 2022

"Peningkatan permintaan sejalan dengan peningkatan aktivitas pariwisata termasuk penyelenggaraan event yang diselenggarakan berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement