Advertisement

Sport Tourism Ekstrem Bisa Bikin Bule Betah di Jogja

Anisatul Umah
Selasa, 14 November 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Sport Tourism Ekstrem Bisa Bikin Bule Betah di Jogja Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sektor pariwisata khususnya sport tourism dinilai bisa menjadi pemicu lama tinggal wisatawan (length of stay), khususnya wisatawan mancanegara (wisman).

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY Bidang Pariwisata, Arif Effendi mengatakan sport tourism bisa mendorong wisatawan mancanegara (wisman) untuk tinggal lebih lama di DIY.

Advertisement

Terkait dengan sport tourism, kata dia, kebanyakan wisman justru mencari tipe olahraga ekstrem. Salah satu event yang sudah cukup efektif untu menjaring minat wisman itu adalah International Kitesurfing.

"Sport tourism sangat menjanjikan, bicara sport tourism skala internasional ini, orang-orang justru akan cari olahraga yang lebih ekstrem lagi ya," ucap anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY itu, Selasa (14/11/2023).

Dia bercerita, dulu ombak di pantai Parangtritis dianggap berbahaya. Namun, dengan teknik yang benar, para wisman tahu bagaimana cara bermain yang aman dan benar. "Mereka memang tahu bagaimana bermain di ombak, seperti pantai Selatan ada ilmunya dan itu bisa," ujar dia.

BACA JUGA: GIPI DIY Sebut Sportourism Potensial, Bisa Jadi Pengisi Saat Low Season

Menurutnya sport tourism sangat potensial dikembangkan di DIY. Pasalnya, DIY memiliki lokasi-lokasi potensial seperti di laut dan gunung. Namun, saat ini sport tourism belum dikembangkan sepenuhnya.

"Orang asing harus dibikinin ‘dolanan’. [Kalau tidak] Nonton di Kraton, Prambanan, Borobudur, selesai. Balik ke Bali. Ini pekerjaan rumah menurut kami. Wisatawan asing agar lebih lama dibikinin experience lah, kami, Kadin bersama teman-teman pelaku wisata membahas ini supaya bisa diperhatikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Kirim Nama Calon Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo ke Kemendagri

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement