Advertisement

Ketegangan di Timur Tengah Meningkat, Rupiah Berpotensi Melemah

Newswire
Selasa, 16 Januari 2024 - 12:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ketegangan di Timur Tengah Meningkat, Rupiah Berpotensi Melemah Ilustrasi uang rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpotensi melemah lantaran terpengeruh ketegangan yang meningkat di Timur Tengah.

"Rupiah masih mungkin melemah hari ini terhadap dolar AS. Ketegangan di Timur Tengah mungkin menjadi pemicu pelaku pasar masuk ke aset dolar AS sebagai salah satu aset aman sehingga dolar AS menguat terhadap nilai tukar lainnya," kata Pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Selasa (16/1/2024).

Advertisement

 Ia mengatakan pagi ini indeks dolar AS sudah bergerak di kisaran 102,8, di mana pagi hari sebelumnya di kisaran 102,4. Terdapat serangan Amerika Serikat (AS) dan Inggris ke markas Houthi di Yaman dan serangan balasan dari Houthi ke kapal-kapal komersial AS di Laut Merah.

Baca Juga

Kenaikan Cadangan Devisa Berdampak Positif pada Ketahanan Eksternal Rupiah

Hizbullah Siap Perang Lawan Israel dalam 99 Hari Terakhir

Serangan AS dan Inggris ke Houthi Yaman Dinilai Langgar Hukum Internasional

Ditambah dengan serangan Israel ke Gaza dan rudal dari Lebanon yang menghantam Israel serta gempuran Turki ke pemberontak Kurdi di Irak dan Suriah. Serangan-serangan tersebut memicu kekhawatiran pelaku pasar karena konflik-konflik tersebut bisa mengganggu perekonomian global.

 Pagi ini indeks saham Asia juga terlihat bergerak menurun dibandingkan penutupan hari sebelumnya. Hal itu bisa mengindikasikan bahwa pelaku pasar berusaha menghindari aset berisiko.

 Pada perdagangan hari ini, Ariston memproyeksikan rupiah bergerak di kisaran Rp15.530 per dolar AS sampai dengan Rp15.600 per dolar AS.

 Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi tergelincir 26 poin atau 0,16 persen menjadi Rp15.581 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.555 per dolar.AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Bantul Perpanjang Masa Pengembalian Formulir Balon Pilkada 2024

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement