Advertisement

GIPI Sebut Wisman di DIY Masih Bertumpu di Kota Jogja, Ini Penyebabnya

Anisatul Umah
Selasa, 03 September 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
GIPI Sebut Wisman di DIY Masih Bertumpu di Kota Jogja, Ini Penyebabnya Sejumlah wisatawan mancanegara menikmati suasana Pantai Double Six, Seminyak, Badung, Bali. Antara - Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardianto mengatakan saat ini kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke DIY masih bertumpu di Kota Jogja. Menurutnya ini perlu disadari oleh pelaku wisata di kabupaten, sebab di kabupaten masih minim aktivitas malam.

Sehingga meski berkunjung ke kabupaten mereka akan kembali lagi ke Kota Jogja. Menurutnya secara infrastruktur sudah mendukung, sebab banyak hotel bintang di kabupaten. Diharapkan ada aktivitas malam berbasis budaya yang bisa menahan wisatawan di kabupaten.

BACA JUGA : Pemerintah Antisipasi Penularan Mpox Lewat Wisatawan Mancanegara

Advertisement

"Tinggal bangun nightlife-nya sehingga ada aktivitas malam," ucapnya, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya tidak mungkin wisatawan tidak berkegiatan sama sekali di malam hari. Sementara di kota lebih banyak pilihan, sehingga mereka lebih memilih kota. Apabila ada ikon di kabupaten, ini bisa menjadi alasan mereka bertahan di sana.

Ia juga mendorong teman-teman di Kabupaten Kulonprogo sebagai pintu masuknya wisatawan memperhatikan hal ini. Perlu ada aktivitas yang cukup kuat menahan wisatawan di sana.

"Saat mereka belum cukup kuat menahan wisatawannya, mereka hanya lewat, kalau gak stay hanya nunggu flight," ucapnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat jumlah kunjungan Wisman ke DIY dari Januari - Juli 2024 sebanyak 62.317 kunjungan. Menjadi yang tertinggi sepanjang enam tahun terakhir bahkan di periode yang sama sebelum pandemi di 2019 yang hanya 61.858 kunjungan.  

BACA JUGA : Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Belanja Wisatawan di Kota Jogja Lampaui Target

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati mengatakan pada Juli 2024 kunjungan Wisman ke DIY mencapai 11.120 kunjungan. Secara bulanan atau (month-to-month/mtm) mengalami kenaikan 36,71% di mana pada Juni 2024 sebanyak 8.134 kunjungan. Akan tetapi secara tahunan turun 10,64% dimana Juli tahun lalu 12.444 kunjungan.

Dia menyampaikan secara kumulatif Januari - Juli 2024 dibandingkan Januari - Juli 2023 mengalami kenaikan 21,93%. "Paling tinggi selama enam tahun terakhir. Ini menggembirakan untuk kunjungan Wisman ke DIY," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tenggelam Dalam Lautan Buku, Ini Rekomendasi Perpustakaan di Jogja

Jogja
| Minggu, 15 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement