Sebelum Ramadan, Stok LPG Ditingkatkan 5%

Sebelum Ramadan, Stok LPG Ditingkatkan 5% Ilustrasi elpiji 3 Kg. - SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu
16 Mei 2018 07:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Menjelang Ramadan, pasokan bahan bakar LPG untuk konsumsi rumah tangga ditingkatkan. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan DIY meningkatkan stok LPG sebanyak 5% untuk semua varian dari rata-rata konsumsi harian. 

Pjs. Unit Manager Communication dan CSR MOR IV PT Pertamina (Persero) Muslim Dharmawan mengatakan penambahan stok tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tingginya permintaan bahan bakar ini selama Ramadan dan Lebaran. 

"Kami menyiagakan tambahan stok sebanyak lima persen. Rata-rata konsumsi harian sekitar 3,104 juta tabung menjadi 3,260 juta tabung," ujar Muslim, Selasa (15/5/2018). 

Muslim memastikan pasokan tersebut akan mencukupi kebutuhan bahan bakar masyarakat DIY selama Ramadan dan Lebaran. Mengingat konsumsi masyarakat akan bahan bakar gas ini juga akan tinggi untuk keperluan selama puasa.

 Satgas LPG

Lebih lanjut Muslim memaparkan untuk menyambut Ramadan dan Lebaran 2018 ini, Pertamina MOR IV membentuk Satgas untuk mengawal kebutuhan serta distribusi bahan bakar, baik BBM maupun LPG. 

"Hal itu dilakukan untuk memastikan agar konsumen mendapatkan kemudahan dalam memperoleh BBM dan LPG," imbuh dia. 

Sedangkan untuk LPG tiga kilogram juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Pasalnya, kenaikan stok LPG melon meningkat menjadi 104%, dari 2,92 juta tabung menjadi 3,04 juta tabung. Muslim menegaskan dengan penambahan stok tersebut dipastikan tidak akan ada kelangkaan gas selama Ramadan dan Lebaran. 

"Untuk mengantisipasi penjualan gas di tingkat pengecer, sudah ada ketentuannya. Pengecer porsinya hanya 50 persen, sedangkan sisanya adalah langsung ke end user, kalau ada kelangkaan harus dicek di pangkalan terdekatnya," jelas Muslim. 

Sales Executive LPG Rayon VI DIY Dorojatun Sumantri memastikan ketersediaan pasokan gas LPG ini akan ada di sejumlah titik pangkalan di DIY. Odi, demikian biasa disapa, mengatakan titik pangkalan gas di DIY ini tersebar di sekitar 4.500 pangkalan. 

"Untuk agennya ada sekitar 51 agen. Jadi kami memastikan pasokan di pangkalan dan agen tetap cukup selama Ramadan dan Lebaran," ungkap Odi.

Ad Tokopedia