Advertisement

Berapa Lama Waktu Transmisi Suku Bunga Kredit?

Abdul Rahman
Selasa, 05 Juni 2018 - 08:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Berapa Lama Waktu Transmisi Suku Bunga Kredit? Ilustrasi replika uang di Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (4 - 4).Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Transmisi penurunan suku bunga kebijakan 7 days reverse repo rate Bank Indonesia terhadap suku bunga kredit diperkirakan sekitar enam bulan. 

Chief Economist PT Bank Tabungan Negara Tbk. Winang Budoyo mengatakan saat ini bank-bank lebih fokus pada menyesuaikan suku bunga simpanan terlebih dahulu. Sedangkan untuk besaran kenaikan suku bunga kredit, dia memperkirakan tak akan terpaut jauh dari kenaikan suku bunga acuan. 

Advertisement

"Sementara untuk suku bunga kredit biasanya menyesuaikan. [Transmisi] paling cepat enam bulan," katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Senin (4/6/2018). 

Sebagaimana diketahui, bulan lalu BI telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 50 basis poin. Masing-masing 25 basis poin pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) reguler dan 25 basis poin pada RDG tambahan. Dengan demikian, suku bunga acuan kini sebesar 4,75%. 

Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi global seperti membaiknya ekonomi Amerika Serikat yang mendorong kenaikan Fed Fund Rate, defisit fiskal AS dan ketegangan dagang AS dan Tiongkok. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan akan terus mengkalibrasi perkembangan domestik dan global untuk memanfaatkan ruang kenaikan suku bunga secara terukur. 

Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Taswin Zakaria mengatakan biasanya untuk kredit yang berjalan penyesuaian dilakukan pada saat reset suku bunga sebagaimana diatur di dalam perjanjian kredit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement