Belajar Adaptasi dan Pahami Tren Anak Muda

Belajar Adaptasi dan Pahami Tren Anak Muda Marketing Communication Sales Area Indosat Jogja Inner Dyah Harlina Deasy Fristanti - Ist
10 Juli 2018 17:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Memahami tren anak muda yang berkembang saat ini di industri komunikasi dan teknologi, membuat Dyah Harlina Deasy Fristanti tertantang mempelajari segmen ini. Bagi Deasy, demikian biasa dia disapa, segmen anak muda merupakan tantangan yang unik. 

"Tentu karena usia saya yang memang sudah tidak lagi di segmen tersebut, makanya saya harus beradaptasi dan memahami seperti apa karakter segmen ini," ujar Marketing Communication Sales Area Indosat Jogja Inner kepada Harian Jogja, Senin (9/7). 

Deasy menyadari tren anak muda selalu berubah dengan cepat. Perubahan yang dinamis ini mau tidak mau memaksa Deasy untuk mengikuti dan mempelajarinya. Pasalnya, provider Indosat sejak dulu telah konsisten untuk menyasar segmen anak muda. 

Diakui Deasy, tidak mudah beradaptasi dengan mengikuti tren anak muda yang tumbuh dengan pesat. Namun, tim yang banyak dimotori anak-anak muda, tak sekadar membantu Deasy untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk provider IM3. 

"Karena sebagian besar tim saya isinya anak-anak muda. Jadi saya pun belajar dari mereka. Misalnya saja tentang aplikasi yang belum lama ini marak. Secara segmen pasarnya, tidak lagi sesuai dengan usia saya, akan tetapi mereka juga tidak akan lepas dari penggunaan data Internet, jadi mau tidak mau saya juga harus terjun tahu aplikasi ini seperti apa," jelas ibu dua anak ini. 

Kendati demikian, sejak pindah ke Jogja dari Bali, Deasy mengakui perbedaan yang dihadapi dari kedua kota ini. Sebagai sesama kota wisata, kedua kota ini memiliki perbedaan terkait kebijakan di bidang pendidikan.

 Banyak pelajar di Jogja, tetapi tidak mudah untuk bisa mendekatkan diri ke institusi pendidikan dalam rangka promosi produk komunikasi. 

"Itulah Jogja, meski sulit karena benturan regulasi, kota ini masih punya pasar yang sama strategisnya untuk dibidik. Banyaknya komunitas yang tumbuh di kota ini, menjadi sasaran pasar yang bisa kami bidik," ujar Deasy.