Advertisement

Indonesia Harus Ambil Langkah Darurat

Rheisnayu Cyntara
Senin, 23 Juli 2018 - 09:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Indonesia Harus Ambil Langkah Darurat Ilustrasi emas dan dolar. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Nilai tukar rupiah yang melemah dan juga ancaman perang dagang dari Amerika Serikat, dinilai darurat segera diatasi. Jika tidak, perekonomian Indonesia diprediksi dapat terus merosot, ditambah lagi dengan neraca perdagangan dan pembayaran yang kini defisit. 

Ekonom UII Prof Edy Suandi Hamid menuturkan pemerintah harusnya memgambil langkah darurat dengan mengadakan semacam simulasi potensi dan daya saing. Artinya ada pakar maupu pihak-pihak terkait yang membedah potensi ekspor Indonesia dan kemudian memberikan rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya ia menganggap masih banyak potensi ekspor Indonesia yang belum tergarap dengan baik. 

Advertisement

"Kita kan harus meningkatkan daya saing, caranya ya meningkatkan ekspor barang-barang yang potensial dan selama ini belum dilakukan. Juga mengurangi impor yang masuk," katanya kepada Harian Jogja, Sabtu (21/7).

Selain itu, pemerintah juga harus mengefisiensi dalam segala bidang. Edy menganggap meskipun langkah efisiensi ini terus digaungkan oleh pemerintah, buktinya belum banyak langkah yang dilakukan. Masih banyak pemborosan yang terjadi pada sektor-sektor strategis. Tak hanya itu, Edy juga mendorong pemerintah untuk menggarap sektor nonindustri seperti pariwisata yang bisa mendatangkan devisa bagi Indonesia. 

Namun ia mengingatkan sektor pariwisata tak bisa menyokong perekonomian dalam waktu singkat. Pariwisata harus masuk dalam rencana jangka menengah dan panjang yang disusun oleh pemerintah. "Jika berharap pada pariwisata, pemerintah harus serius menggarap akses dan infrastuktur wisata. Tidak bisa dalam waktu singkat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Tetap Usung Abdul Halim Muslih untuk Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement