Advertisement

Rute Jogja-Eropa Perlu Dikaji Ulang

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 31 Juli 2018 - 06:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rute Jogja-Eropa Perlu Dikaji Ulang Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terkait dengan persiapan kepindahan ke New Yogyakarta International Airport (NYIA), maskapai plat merah Garuda telah bersiap untuk pindah. General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jogja, Jubi Prasetyo mengungkapkan saat ini rute-rute internasional yang dapat dibuka oleh maskapai ini di bandara baru masih dalam kajian. 

"Kalau dilihat dari karakter travelling dari Jogja ke luar negeri, sebagian besar destinasi yang dituju adalah Asia. Namun kalau rute Eropa dari Jogja, masih perlu kami kaji kembali," ungkap Jubi, Senin (30/7). 

Advertisement

Jubi mengungkapkan banyak wisatawan dari sejumlah negara yang masuk ke Jogja, baik melalui Jakarta maupun direct flight dari Singapura maupun Malaysia. Akan tetapi, untuk rute sebaliknya dari Jogja ke luar negeri, permintaannya perlu dikaji kembali. 

"Apakah jumlahnya memungkinkan untuk diakomodasi langsung, tentunya kami akan fleksibel. Kalau ada rute internasional masuk ke Jogja dengan volume penumpang yang besar, maka kenapa tidak Garuda Indonesia bisa membuka penerbangan langsung," papar Jubi. 

Akan tetapi, apabila ternyata pasarnya masih belum banyak, atau jumlah trafik penumpang belum memenuhi satu pesawat berbobot besar, maka akan sangat disayangkan untuk membuka rute tersebut. Jubi menambahkan kajian tersebut dilakukan agar rute penerbangan internasional dan pesawat besar dapat dimanfaatkan dengan baik. 

"Sejauh ini kami siap untuk kepindahan, tinggal menunggu pemerintah memastikan kapan bandara ini benar-benar akan dioeprasikan. Sedangkan untuk rute, kami akan mengkajinya terkait rute mana saja yang potensial untuk bandara baru ini," jelas Jubi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement