Advertisement

Ekonomi Digital Berpotensi Jadi Mesin Pendorong Pertumbuhan Asia

Dwi Nicken Tari
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 16:33 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ekonomi Digital Berpotensi Jadi Mesin Pendorong Pertumbuhan Asia Jenis perusahaan teknologi finansial berdasarkan produk dan target pasar - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, NUSA DUA—Inovasi digital telah berkontribusi sebesar 30% atas pertumbuhan per kapita kawasan Asia dalam dua dekade terakhir dan diperkirakan akan terus bertambah. Situasi ini dapat menjadi peluang inovasi teknologi untuk menopang pertumbuhan di masa depan.

“Perkembangan e-commerce sangat pesat di Asia, negara-negara yang memiliki dan mengembangkan e-commerce terbukti lebih produktif dari negara-negara yang tidak,” ujar Direktur Departemen Asia Pasifik IMF Changyong Rhee dalam konferensi pers penerbitan Regional Economic Outlook for Asia and the Pacific berjudul Asia at the Forefront: Growth Challenges for the Next Decade and Beyond di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

Advertisement

Rhee menjelaskan peluang yang dibawa oleh perkembangan digital dapat membuat pemerintah meningkatkan pendapatan pajak dan mengalokasikan anggaran dengan lebih baik. Namun, ancaman teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan robot yang dikhawatirkan dapat menggantikan beberapa lapangan pekerjaan tradisional tetap perlu diperhatikan.

“Robot dan inovasi teknologi finansial (tekfin) dapat membuat masa transisi yang bergejolak yang dapat berdampak pada stabilitas keuangan. Hal itu akan menjadi tantangan besar bagi para pembuat kebijakan,” terangnya.

Pemerintah di kawasan Asia disarankan untuk lebih mencermati kesempatan sambil tetap sigap menghadapi risiko dari ekonomi digital. Salah satu upaya yang dapat dipersiapkan adalah dengan memberikan investasi lewat peningkatan kualitas pendidikan, infrastruktur, dan iklim kebijakan yang dapat membawa perkembangan digital menjadi salah satu mesin pertumbuhan di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement