Advertisement

WICSF 2019 Gaet Wisatawan dengan Kuliner

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 01 Oktober 2019 - 10:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
WICSF 2019 Gaet Wisatawan dengan Kuliner Suasana pelaksanaan WICSF 2019 di Alun-alun Plaza Ambarrukmo, Sleman, Jumat (27/9) petang. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pariwisata menjadi roda penggerak perekonomian di DIY. Di dalam pariwisata, keragaman kuliner yang ada di DIY menjadi salah satu daya tarik. Daya tarik inilah yang dikemas Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan.

Upaya yang dilakukan APPBI DIY, salah satunya yakni menggelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) secara rutin. Ketua APPBI DIY Surya Ananta mengungkapkan event ini sudah rutin digelar dan gelaran kali ini merupakan yang keempat kalinya. Perhelatan keempat ini digelar mulai 27 September hingga 27 Oktober 2019. "Event ini hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan kami berusaha menjaga konsistensi sehingga bisa menjadi event yang dinanti-nanti masyarakat dan wisatawan," kata dia ketika ditemui Harian Jogja di sela-sela pembukaan WICSF 2109 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, Jumat (27/9) petang.

Advertisement

Ia menjelaskan dalam penyelenggaraan ini APPBI DIY harus menjaga animo baik penyelenggaraan dan masyarakat. Event ini harus berjalan secara berkelanjutan sehingga semakin banyak menyedot pengunjung. "Selama penyelenggaraan dari yang pertama tampak ada perkembangan yang bagus. Tingkat kunjungan juga meningkat. Kalau di Plaza Ambarrukmo terpantau naik lima hingga tujuh persen," kata dia.

Selain mendorong pariwisata, event ini juga bertujuan mengangkat potensi UMKM yang ada di DIY. Penyelenggaraan WICSF akan dilakukan secara estafet di delapan mal yang ada di DIY. Jenis kuliner yang disajikan juga beragam mulai dari makanan tradisional hingga modern. "Ini merupakan salah satu peran APPBI untuk mendukung pariwisata dan mendorong perekonomian di DIY," kata dia.

Jadwal WICSF

Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku mendukung berbagai event yang bisa mempromosikan potensi yang ada untuk menarik wisatawan berkunjung. Ia mengungkapkan potensi wisata di Sleman setiap tahun juga mengalami kenaikan. "Pertumbuhan pariwisata dari 2017 ke 2018 tercatat naik 18 persen. Ketika kita bicara pariwisata, kita bicara kuliner juga. Kalau wisata naik, kuliner juga naik karena itu kebutuhan wisatawan," kata dia.

Ia menjelaskan kuliner di Sleman beragam dan tersebar di semua wilayah baik yang berdiri sendiri maupun terkumpul menjadi satu di suatu kawasan. Keragaman kuliner ini juga mendorong wisatawan untuk semakin betah ketika berkunjung di Sleman. Tak jarang wisatawan datang khusus untuk mencicipi kuliner yang terkelan di Sleman.

Ia mengapresiasi peran pihak swasta yang ikut aktif meningkatkan pariwisata di DIY, khususnya Sleman. Pemkab Sleman pun aktif menggelar event-event rutin dan promosi untuk menggaet wisatawan. "Tahun ini kami menargetkan ada 10 juta kunjungan di destinasi wisata di Sleman. Kami juga mendorong agar wisatawan mancanegara juga bertambah. Event ini salah satu pendorongnya," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement