Advertisement

Dana Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekraf

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 28 Oktober 2019 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dana Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekraf Ilustrasi penggunaan dompet digital, Dana. / Ist. - Dana

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dompet digital Dana semakin menguatkan dukungannya pada peningkatan kompetensi dan pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Kehadiran Dana dalam memberikan pengalaman bertansaksi baru dengan aman kini diwujudkan lewat serangkaian festival ekonomi kreatif yang digelar di Makassar, Surabaya dan Jogja.

CEO dan salah satu pendiri Dana, Vincent Iswara mengatakan transaksi digital nontunai masih rendah adopsinya, yaitu sekitar 7% dari keseluruhan transaksi yang terselenggara di Indonesia. Kunci dari peningkatan adopsi ini adalah kepercayaan dalam menggunakan dompet digital secara optimal. Maka, tidak bisa disangkal lagi, keamanan dompet digital Dana menjadi ujung tombak melesatnya penggunaan Dana di Tanah Air. “Para pengguna dan pelaku ekonomi kreatif di Makassar, Surabaya, dan Jogja tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakan dompet digital Dana karena bukan saja mudah dan efisien, Dana juga sangat aman dan menjamin 100 persen uang pengguna kembali jika ada kehilangan,” ujar Vincent, melalui siaran pers, Sabtu (26/10).

Advertisement

Salah satu contoh optimalisasi fitur canggih yang kini hanya ada di dompet digital Dana adalah fitur Card Binding atau penyimpanan kartu debit dan kartu kredit. Fitur ini memudahkan pengguna karena mereka tidak perlu lagi repot melakukan top up atau penambahan saldo, karena dapat menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya sebagai sumber dana saat bertransaksi. “Bagi pengguna, cara ini jauh lebih terjamin keamanannya karena informasi sensitif dan rahasia dari kartu debit dan kartu kredit, seperti nomor kartu dan CVV, terproteksi dari kemungkinan penyalahgunaan oleh pihak lain. Sementara bagi pelaku usaha, fitur ini memungkinkan mereka tetap bisa melayani transaksi pembeli tidak tergantung pada nominal saldo di dompet digital DANA pembeli,” ujar Vincent.

 

Mitra Usaha

UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di seluruh Nusantara bisa dengan mudah menjadi mitra Dana dan memiliki akun Dana Bisnis dengan mendaftarkan usahanya, mengikuti panduan yang tersedia dalam aplikasi dompet digital Dana.

Guna menjamin keamanan pengguna, termasuk pelaku UMKM dan industri kreatif, Dana sudah bermitra dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk verifikasi data pengguna dan validasi layanan. DANA juga memiliki sertifikat PCIDSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang merupakan standar keamanan tinggi setingkat keamanan perbankan. Selain itu, dompet digital DANA dilengkapi dengan teknologi pemindaian yang telah mendukung QR Indonesia Standard (QRIS) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengawasi sistem pembayaran di Indonesia.

Di penghujung Oktober ini, Dana dipercaya menjadi infrastruktur transaksi digital bagi pelaku ekonomi kreatif maupun masyarakat pengunjung festival ekonomi kreatif TGIF Makassar yang berlangsung pada Kamis (24/10)–Minggu (27/10) di Phinisi Point Mall Makassar;  Prize Market Chronicles of Kingdom yang berlangsung pada Kamis (24/10)–Minggu (27/10) di Galaxy Mall Exhibition Center LV6 Surabaya dan festival yang ditujukan bagi pencinta manga dan komik di Indonesia yaitu Mangafest9 pada Sabtu (26/10)–Minggu (27/10), di Jogja Expo Center Jogja.

Agar masyarakat antusias mencoba pengalaman baru bertransaksi digital pada pergelaran TGIF Makassar, Prize Market Chronicles of Kingdom Surabaya dan Mangafest9 Jogja, Dana memberikan cashback maksimal Rp10.000 bagi pengguna premium dan Rp5.000 bagi pengguna nonpremium, untuk setiap transaksi bagi pengunjung yang hadir dan berbelanja selama ajang ekonomi kreatif tersebut berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement