Advertisement

Terus Edukasi Anak Muda soal Pajak, Ini yang Dilakukan KPP Pratama Yogyakarta

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 25 Agustus 2021 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Terus Edukasi Anak Muda soal Pajak, Ini yang Dilakukan KPP Pratama Yogyakarta Kepala KPP Pratama Yogyakarta, Andi Setiawan (tengah) menyerahkan sertifikat kepada perwakilan sekolah di Kantor KPP Pratama Yogyakarta, Jogja, Rabu (25/8/2021) - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta mengedukasi pelajar seputar pentingnya pajak. Edukasi tersebut diwujudkan dalam kegiatan kelas secara daring Pajak Bertutur yang mengusung tema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara, Rabu (25/8/2021). Kegiatan yang digelar secara daring tersebut menyasar siswa SD Pangudi Luhur Yogyakarta, SMPN 12 Jogja, dan SMPN 7 Jogja. 

Secara keseluruhan, kegiatan Pajak Bertutur ini diselenggarakan oleh 626 unit instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang menyasar siswa dan mahasiswa dengan total 18.000 orang dari 600 SD hingga perguruan tinggi.

Kegiatan yang digelar KPP Pratama Yogyakarta yang menyasar siswa SD dan SMP dikemas dengan menyesuaikan pada tingkatan pendidikan. Tujuannya agar dapat diterima dengan baik oleh peserta tentang pentingnya pajak ini.  

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kepala KPP Pratama Yogyakarta, Andi Setiawan mengatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk memberikan pemahaman pajak sejak dini, meski para peserta dapat dikatakan belum termasuk wajib pajak.

“Sangat penting edukasi sejak dini, saya yakin generasi ini nantinya akan menjadi PNS, Pengusaha atau apapun, mereka ada penghasilan, sudah ada kesadaran untuk membayar pajak,” ujar Andi, Rabu (25/8).

Soal tema yang diusung, menurut Andi, pajak juga merupakan wujud bela negara. “Jadi bela negara tidak selalu harus dengan mengangkat senjata. Dengan membayar pajak berarti dapat membantu orang lain, dan mendukung ketahanan ekonomi negara,” ucap dia.

Andi mencontohkan kondisi yang terjadi di tengah pandemi Covid-19, di mana membutuhkan dana yang besar, baik untuk penanganan atau sebagai upaya pencegahan yaitu salah satunya vaksinasi.

Dana untuk mengatasi pandemi Covid-19 tersebut menggunakan APBN, sementara APBN tersebut banyak berasal dari pajak masyarakat. “Sebagian masyarakat masih takut dengan pajak, tetapi dengan pajak di masa pandemi ini dapat terlihat manfaat pajak itu. APBN negara hadir memberikan perlindungan kepada rakyat. Kami harap dengan kegiatan ini semakin paham tentang pentingnya pajak itu,” ujarnya.

 

Advertisement

Edukasi Berkelanjutan

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMPN 12 Jogja, Edy Thomas Suharta; Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 7 Jogja; Muhammad Syis; dan Perwakilan Guru SD Pangudi Luhur Jogja, Cornelius Suyana kompak menyambut baik dan mengucapkan terima kasih dengan kegiatan yang digelar KPP Pratama Yogyakarta.

Menurut mereka sangat penting edukasi sejak dini terkait pajak. Sehingga ketika mereka dewasa nanti, menjadi generasi yang taat pajak. Siswa juga menjadi paham pentingnya pajak. “Diharapkan edukasi secara berkelanjutan juga dapat berjalan,” ucap Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMPN 12 Jogja, Edy Thomas Suharta.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Buat Ecobrick, Unisa Memecahkan Dua Rekor MURI

Sleman
| Jum'at, 30 September 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement