Advertisement

Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Dilatih Kuasai Desain Grafis

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 26 November 2022 - 01:17 WIB
Arief Junianto
Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Dilatih Kuasai Desain Grafis Pelatihan Desain Grafis bagi 150 Pelaku UMKM Kreatif DIY di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jumat (25/11/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Penampilan menarik suatu produk bisa mendorong calon konsumen untuk membelinya. Oleh karena itu, desain grafis menjadi salah satu keterampilan yang harus di pelaku ekonomi kreatif agar sebuah produk tampil lebih menarik.

"Kenapa skill desain grafis bagi pelaku ekonomi kreatif ini penting karena 80 persen orang tertarik dulu pada tampilan suatu produk. Kalau tampilannya bagus, packagingnya baik orang cenderung untuk membeli produknya. Jadi desainnya dulu kami perkuat," kata Khoirun Nisa, Pendiri Omah Kreasi Centre Yogyakarta (OKCY) di seela-sela Pelatihan Desain Grafis untuk Pelaku UMKM Kreatif di DIY yang digelar di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jumat (25/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia mengatakan masih banyak pelaku UMKM yang memasarkan produk secara manual dan masih sedikit yang memasarkan produknya secara online. Padahal, produk UMKM di DIY kualitasnya tidak kalah dengan produk lainnya.

"Kalaupun memasarkan lewat online, banyak pelaku UMKM yang belum memerhatikan apakah produknya sesuai dengan tampilan digital? Padahal kalau sudah dipasarkan secara online, produknya akan diakses buyer secara global," katanya.

BACA JUGA: Store The Body Shop di Pakuwon Mall Dirombak, Ada Pot dari 23.288 puntung rokok bekas

Untuk melatih pelaku UMKM bisa mendesain produknya dengan baik, OCKY melatih sebanyak 150 pelaku UMKM dari berbagai sektor mulai produk kuliner, kerajinan dan sebagainya. Sebagian peserta, katanya merupakan pelaku UMKM Pemula dan berusia muda.

"Banyak orang punya ide, tapi belum bisa mengimplementasikan idenya. Melalui pelatihan ini, kami berharap pelaku UMKM bisa mengkonsep dan mendesain produknya sendiri," katanya.

Staff Khusus Bidang IKP, Transformasi Digital dan Hubungan Antarlembaga Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya pelatihan tersebut sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif termasuk bagi anak-anak muda. Apalagi, katanya, ekonomi kreatif menjadi salah satu prioritas pemerintah.

Pelaku UMKM, katanya ada sekitar 60 juta dan kurang dari 20 juta yang masuk ke marketplace atau ekonomi digital. "Ekonomi kreatif ini salah satu solusi untuk pemulihan ekonomi pascapandemi. Dengan pelatihan ini diharapkan anak-anak muda bisa meningkatkankan kreatifitasnya supaya mereka bisa mengambil bagian dari ekonomi kreatif," katanya.

Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekaf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu mengatakan satu pelaku ekonomi kreatif tidak akan bisa tumbuh tanpa didukung oleh ekosistemnya. Pelaku ekonomi kreatif tersebut harus di-support baik dengan kelembagaan, skil dan pelatihan, pemasaran dan sebagainya. "Jadi butuh kolaborasi pantahelik dan kolaborasi semua pihak untuk mendukung berkembangnya para pelaku ekonomi kreatif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Stikom Pamerkan Karya Mahasiswa di Tempat Bersejarah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement