Advertisement

Mau Beli Rumah? REI DIY Akan Gelar Pameran Properti, Harganya Mulai dari Rp240 Juta

Anisatul Umah
Selasa, 07 November 2023 - 14:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mau Beli Rumah? REI DIY Akan Gelar Pameran Properti, Harganya Mulai dari Rp240 Juta Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Real Estat Indonesia (REI) DIY akan kembali menggelar pameran properti akhir tahun ini.

Ketua DPD REI DIY, Ilham Muhammad Nur mengatakan rencana pameran akan digelar pada 20-25 Desember 2023 di Atrium Plaza Ambarrukmo.

Advertisement

Selama pameran ditargetkan bisa terjadi transaksi sebesar Rp100 miliar. Target ini jauh lebih tinggi dari capaian pameran yang digelar sebelumnya pada 30 Mei-4 Juni 2023 lalu di mana total transaksinya sekitar Rp50 miliar.

"Target transaksi di Rp100 miliar, selama pameran itu. Naik sampai di atas 100 persen. Juni kemarin capaiannya Rp50 an miliar, kami targetkan penjualan 2x dari Juni," paparnya, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Berburu Rumah? REI DIY Gelar Amazing Property Expo 2023, Harga Unit Rumah Mulai Rp150 Jutaan

Salah satu pertimbangan REI DIY punya target tinggi transaksi di akhir tahun adalah karena berdasarkan data setiap Desember terjadi peningkatan penjualan. Kisaran Rp60-75 miliar, dan rata-rata di Rp75 miliar.

"Kalau kita targetkan di Rp100 miliar tentu bukan sesuatu yang mengada-ngada, meski realisasinya bisa jadi sama dengan tahun lalu Rp60-75 miliar, tapi kami target Rp100 miliar selama pameran," jelasnya.

Range harga yang dijual dalam pameran, kata Ilham, mulai dari Rp240 juta sampai dengan Rp2 miliar ke atas mendekati Rp3 miliar. Sekitar 30-an anggota REI akan ikut pameran. Jumlah ini meningkat dari pameran pertengahan tahun yang diikuti 20-an anggota.

Baca Juga: Transaksi Pameran Perumahan REI DIY Tembus Rp50 Miliar, Rumah Harga di Bawah Rp700 Juta Laris

Selain itu, semua bank dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) juga akan meramaikan pameran. Sehingga masyarakat punya banyak opsi terkait dengan pembiayaan.

"Bank-bank Himbara sebagian besar atau semua jadi peserta pameran. Jadi kami selain jualan rumah pada saat pameran, juga bank-bank jualan pembiayaan. Ada Bank Mandiri, BNI, BTN, BSI, sama BRI ada lima bank Himbara ikut."

Dampak TKD

Ilham menyampaikan penjualan properti sebelumnya lesu akibat terdampak kasus penyalahgunaan tanah kas desa (TKD). Saat ini pengaruhnya masih ada namun perlahan-lahan sudah mulai memudar.

"Masih [berdampak] masih ada pengaruh, tapi sudah mulai turun. Kalau dulu hampir bisa saya katakan pengaruh benar-benar buat mereka gak lakukan sama sekali transaksi," ucapnya.

Baca Juga: Kaum Milenial Mau Beli Rumah Murah? Cek Jadwal Properti Expo!

Namun semakin kesini setelah beberapa bulan terlewati, masyarakat mulai paham bahwa proyek-proyek anggota REI bukan di atas TKD.

"Jadi sekarang sudah mulai ada pemahaman itu dan pengaruhi penjualan kami yang September, Oktober, November. Harapan kota membaik ditutup Desember dengan pameran itu," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement