Advertisement

Tak Hanya Indonesia, Apple Berambisi Kuasai Asia Tenggara

Chatarina Ivanka
Rabu, 17 April 2024 - 19:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tak Hanya Indonesia, Apple Berambisi Kuasai Asia Tenggara Ilustrasi Apple iOS 11.3 - JIBI/Ist/Apple.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Apple tak hanya fokus memperkuat jenama perusahaannya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Keseriusan tersebut diperlihatkan CEO Apple Tim Cook untuk berinvestasi di wilayah dengan 679,69 juta jiwa ini, utamanya di Indonesia dan Vietnam.

Pekan ini Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple. “Hari ini, Apple mengumumkan akan meningkatkan belanja pemasok di Vietnam, seiring dengan kemajuan baru dalam inisiatif mendukung air bersih untuk sekolah-sekolah lokal,” ujar manajemen Apple, dikutip dari Reuters, Rabu (17/4/2024).

Advertisement

Anggaran untuk mendukung investasi tersebut mencapai sekitar US$15,84 miliar dan telah menciptakan sekitar 200.000 lapangan kerja. Selama ini Apple telah memproduksi iPad, AirPods, dan Apple Watch di Vietnam serta pemasok MacBook yang juga berinvestasi di negara Asia Tenggara. Menurut daftar pemasok terbarunya, Apple memiliki 25 pemasok di Vietnam pada 2022, sama seperti tahun sebelumnya pada 2023 dan meningkat dari 21 pada 2020.

Pemasok tersebut termasuk Foxconn, GoerTek, Luxshare, Intel, Samsung Electronics, dan Compal. Adapun Foxconn, berencana pindah ke Vietnam dan beberapa di antaranya mengalihkan sebagian aktivitas ke luar China, di tengah ketegangan AS dan China. Vietnam sedang mencari dukungan dari Apple untuk mengembangkan energi terbarukan serta pelatihan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Baca Juga

CEO Apple Ingin Ikut Kembangkan IKN Jadi Smart City

Pagi Ini CEO Apple ke Istana Negara Bicarakan Investasi dengan Presiden Jokowi

Sinyal Investasi Apple ke Indonesia Menguat, CEO Dijadwalkan Datang Besok

Di sisi lain, saat Cook bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta pada Selasa (16/4/2024), dia mengatakan bahwa Apple akan mempertimbangkan untuk membangun fasilitas manufaktur di Indonesia. “Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat manufaktur di dalam negeri [Indonesia] dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata Cook.

Meski belum memiliki fasilitas manufaktur di Indonesia, tetapi Apple telah mendirikan empat Apple Developer Academies. Cook menyatakan bahwa akademi untuk pengembang Apple akan segera diresmikan di Bali. Indonesia dianggap memiliki populasi besar yang paham teknologi sehingga dapat menjadi target pasar utama untuk investasi terkait teknologi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo Rabu 1 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja

Jogja
| Rabu, 01 Mei 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement