Advertisement

Negara di Asia Timur Tertarik Terlibat pada Pengembangan Bisnis Kendaraan Listrik di Indonesia

Newswire
Jum'at, 12 Juli 2024 - 17:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Negara di Asia Timur Tertarik Terlibat pada Pengembangan Bisnis Kendaraan Listrik di Indonesia Kendaraan listrik / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah negara, seperti Jepang, China, Korea Selatan hingga Taiwan tertarik untuk terlibat dalam bisnis kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

"Keterlibatan Indonesia sebetulnya untuk selain bahan baku baterai kendaraan listrik ini, sudah ada beberapa pihak internasional yang datang ke kami (Kemenperin) untuk ikut serta dalam bisnis EV di Indonesia, diantaranya Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan China," ujar Direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional (ASDIPI) Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayah dan Akses Industri Nasional Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Syahroni Ahmad atau disapa Roni di Jakarta, Jumat (12/7/2024).

Advertisement

Menurut Roni, untuk EV pemerintah sedang gencar sekali mempromosikan peluang investasi di EV Indonesia , terutama setelah ada kebijakan impor dari Amerika Serikat yang menaikkan hingga 100% bea masuk impor untuk produk EV dari China, dan juga Eropa yang menaikkan sampai 37%n bea masuk impor EV dari China.

Baca Juga: Electric Vehicle Digital Service (EVDS), Solusi PLN untuk Kendaraan Listrik

Sebagai produsen utama EV, China berencana untuk memproduksi EV di negara-negara lain termasuk di Turki dan Indonesia. Beberapa perusahaan China juga sudah masuk ke Indonesia.

"Kalau China mau memproduksi langsung mobil listrik dan juga motor listrik. Kemudian dari Jepang, kita dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan survei mengenai baterai kendaraan listrik terutama kendaraan roda dua sehingga nanti bisa didaur ulang, tapi Jepang masih sekedar survei dan belum memutuskan perusahaan mana yang akan masuk," kata Roni.

Baca Juga: Bulan Depan, Pabrik Baterai Listrik Mulai Produksi di Indonesia

Dengan Korea Selatan (Korsel), Kemenperin telah melakukan dengan pihak Busan Techno Park yang ingin membuat pusat untuk memverifikasi atau pengecekan baterai EV.

Kemudian dengan pihak Taiwan berkaitan dengan rantai nilai global atau global value chain (GVC) di mana Indonesia berperan di situ.

"Kalau Taiwan mau masuk di Indonesia, sudah membuat pabriknya di kawasan industri Batam. Mudah-mudahan September bisa produksi, dan nanti untuk peluncurannya pada Agustus akan mengundang Menteri Perindustrian," kata Roni.

Baca Juga: Ekosistem Kendaraan Listrik di RI Segera Terbentuk, Ini Kata Jokowi

Pabrik yang di Batam tersebut untuk daur ulang baterai listrik, di mana baterai itu dihancurkan untuk diambil cobalt, litium, dan nikelnya lalu untuk dijual kembali ke perusahaan baterai listrik.

"Jadi untuk electric vehicle, Indonesia sangat berperan di situ. Memang untuk EV kita banyak berperan terutama untuk baterai kendaraan listrik," kata Roni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement