Advertisement

PAFI Kutai Barat Berperan Aktif dalam Pengembangan dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Media Digital
Minggu, 20 Oktober 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
PAFI Kutai Barat Berperan Aktif dalam Pengembangan dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat Ilustrasi vaksin / Freepik

Advertisement

JAKARTA-Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi profesi yang menaungi tenaga teknis kefarmasian di Indonesia. Organisasi profesi yang berdiri pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta ini bertujuan untuk menghimpun tenaga ahli di bidang farmasi untuk berperan aktif dalam pengembangan dan peningkatan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dikutip dari PAFI Kutai Barat (pafikutaibarat.org), organisasi ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan farmasi, serta menjembatani inovasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan di bidang kesehatan.

Advertisement

BACA JUGA: PAFI Kulonprogo Berperan Penting Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Adapun Kutai Barat adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai berdasarkan Undang-Undang No. 47 Tahun 1999, dan resmi berdiri pada 4 Oktober 1999. Mayoritas penduduk terdiri dari masyarakat adat yang berasal dari berbagai suku Dayak, dengan beragam bahasa, adat istiadat, dan budaya.

Kutai Barat juga memiliki beberapa destinasi wisata alam yang menarik, seperti Danau Jempang dan Danau Melintang, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Dengan semua potensi yang dimilikinya. Kutai Barat terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya alamnya sambil menjaga kelestarian budaya dan lingkungan.

Kutai Barat juga memiliki tingkat kesehatan cukup bagi, hal ini tercermin dari masyarakat Kutai Barat yang antusias menerima edukasi kesehatan.

Apa saja Kegiatan Farmasi di Kabupaten Kutai Barat?

Kegiatan farmasi di Kabupaten Kutai Barat melibatkan berbagai inisiatif yang dilaksanakan oleh PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) dan lembaga terkait lainnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Berikut adalah beberapa kegiatan utama yang dilakukan:

1. Pelatihan dan Seminar

PAFI Kabupaten Kutai Barat mengadakan pelatihan rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga farmasi. Kegiatan ini mencakup penggunaan obat yang aman, edukasi mengenai dosis, efek samping, dan cara penyimpanan obat. Pelatihan tentang pengelolaan apotek yang efisien dan sesuai standar sehingga dapat memberikan bantuan pada masyarakat pendapatan rendah dengan baik.

2. Edukasi Masyarakat secara Rutin

Organisasi PAFI juga aktif dalam memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, termasuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi, pencegahan penyakit menular, dan gaya hidup sehat. Memberikan informasi tentang penggunaan obat yang benar dan aman.

3. Kerja Sama dengan Instansi Kesehatan Lokal

PAFI menjalin kolaborasi dengan berbagai lembaga kesehatan, seperti Rumah Sakit dan Puskesmas. Kerja sama ini bertujuan agar memastikan ketersediaan layanan farmasi yang baik dan pengobatan yang tepat bagi pasien. PAFI juga berkolaborasi dengan dinas kesehatan dalam menjalankan program-program kesehatan masyarakat.

4. Layanan Kesehatan Gratis

Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan, PAFI mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis. Menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan dasar seperti cek tekanan darah dan gula darah.

Dengan berbagai kegiatan ini, PAFI Kabupaten Kutai Barat berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan farmasi dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Bagaimana PAFI Kabupaten Kutai Barat Mendukung Program Vaksinasi di Daerah Tersebut?

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kabupaten Kutai Barat mendukung program vaksinasi di daerah tersebut melalui berbagai inisiatif dan kegiatan. Berikut adalah beberapa cara PAFI berkontribusi dalam mendukung program vaksinasi:

1. Keterlibatan dalam Program Vaksinasi Massal

PAFI Kutai Barat berperan aktif dalam program vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh pemerintah. Mereka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan lembaga kesehatan lainnya untuk penyediaan vaksin. Memastikan ketersediaan vaksin yang diperlukan untuk program vaksinasi. Distribusi vaksin serta mengatur distribusi vaksin ke berbagai fasilitas kesehatan di daerah terpencil, sehingga masyarakat dapat mengakses vaksin dengan mudah.

2. Edukasi Masyarakat

PAFI mengadakan kegiatan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi, termasuk penyuluhan kesehatan. Oranisasi PAFI mengedukasi masyarakat mengenai manfaat vaksinasi dan pencegahan penyakit menular. Kegiatan ini dilakukan di berbagai tempat, seperti sekolah, tempat ibadah, dan komunitas lokal. PAFI memberikan informasi yang jelas mengenai efek samping vaksin untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat.

3. Pelatihan Tenaga Kesehatan

PAFI juga mengadakan pelatihan bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Kutai Barat untuk meningkatkan kompetensi. Organisasi PAFI memberikan pengetahuan tentang prosedur vaksinasi yang benar dan manajemen pasca-vaksinasi.

4. Kolaborasi dengan Pemerintah dan Organisasi Lain

PAFI bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkuat pelaksanaan program vaksinasi, termasuk koordinasi dengan dinas kesehatan. Berkolaborasi dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program kesehatan, termasuk kampanye imunisasi.

Kemitraan dengan Organisasi Non-Pemerintah berupa bekerja sama dengan organisasi lain untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan meningkatkan cakupan vaksinasi.

Media Sosial, Produk dan Merchandise dari PAFI Kabupaten Kutai Barat

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Kutai Barat menyediakan merchandise melalui platform yang terintegrasi dengan pusat PAFI. Merchandise merupakan bingkisan atau parcel unik yang di produksi oleh PAFI Indonesia seperti Atribut Kesehatan, Aneka Topi, Aneka Sirup Herbal dan Sambal. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Kembali Ingatkan ASN Wajib Netral di Pilkada 2024

Jogja
| Minggu, 20 Oktober 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement