Advertisement

Jokowi Yakin Revolusi Industri 4.0 Lahirkan Banyak Lapangan Kerja Baru

David Eka Issetiabudi
Rabu, 04 April 2018 - 13:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jokowi Yakin Revolusi Industri 4.0 Lahirkan Banyak Lapangan Kerja Baru Presiden Indonesia Joko Widodo. - Antara

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo menilai dampak revolusi industri 4.0 akan melahirkan lebih banyak lapangan kerja baru daripada jumlah lapangan kerja yang hilang. Guna mencapai hal tersebut diperlukan persiapan matang untuk mengantisipasi hambatan maupun tantangan di masa depan.

Dalam sambutannya pada Industrial Summit 2018, Jokowi menyinggung beberapa hasil riset yang terkait revolusi industri keempat. Contohnya, data yang dirilis oleh McKenzie Global Institute tentang dampak revolusi industri 4.0 yang akan 3.000 kali lebih dahsyat dari revolusi pertama di abad 19. 

Advertisement

Selain itu, dalam laporan yang diterbitkan pada 2015 itu, McKenzie mengatakan kecepatannya akan 10 kali lebih cepat dan dampaknya akan 300 kali lebih luas. “Bayangkan ini. Jadi, 10 kali 300 artinya 3.000 kali lipat dampaknya. Inilah yang harus kita pahami, mengerti, dan kita antisipasi,” tutur Jokowi, Rabu (4/4/18).

Presiden menjelaskan dari laporan-laporan yang diterimanya, termasuk dari Menteri Perindustrian, dia mempercayai dampak dari revolusi industri 4.0 ini akan 3.000 kali lipat dibanding revolusi industri pertama sekitar 200 tahun lalu. “Saya percaya itu,” lanjutnya.

Dua tahun berselang, lembaga riset yang sama, juga menerbitkan analisa lanjutan. Menurut Jokowi, dalam riset lanjutan ini, McKenzie Global Institute memproyeksi revolusi industri 4.0 akan menghilangkan 800 juta lapangan kerja di seluruh dunia. 

“Artinya apa? Ya maksud McKenzie, 800 juta pekerja di dunia akan kehilangan pekerjaan karena diambil alih robot dan mesin dalam 12 tahun ke depan. Nah, kalau yang ini saya enggak percaya,” tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lebih mempercayai bahwa revolusi industri 4.0 akan melahirkan jauh lebih banyak lapangan kerja baru daripada jumlah lapangan kerja yang hilang. Presiden optimistis revolusi industri keempat dapat memberikan peluang besar jika pemerintah mempersiapkan, merencanakan, dan mengantisipasinya.  

“Kalau yang pesimis-pesimis saya enggak percaya. Atau paling enggak rada enggak percaya,” tambah Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement