Advertisement

Puncak Arus Balik di Terminal Giwangan Besok Sabtu

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 20 Juni 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Puncak Arus Balik di Terminal Giwangan Besok Sabtu Penumpang bersiap memasuki bus di Terminal Giwangan, Jogja. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puncak arus balik di Terminal Giwangan diprediksi akan terjadi pada Sabtu (23/6). Ini berdasarkan perkiraan tahun-tahun sebelumnya, puncak arus balik biasanya terjadi pada H+5 hingga H+7 Lebaran. 

Kepala UPT Terminal Giwangan Bekti Zunanta mengakui kini sudah terlihat peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari terminal ini. “Bedanya kalau tahun lalu, semua arus mudik terjadi sebelum lebaran atau H min. Sekarang H+2 saja masih ada yang mudik, total ada 23.000 penumpang pada hari itu. Mungkin karena waktu libur yang panjang, tidak dapat tiket sebelum Lebaran, habis Lebaran masih sempat mudik,” ujarnya kepada Harian Jogja saat ditemui di kantornya, Rabu (20/6). 

Advertisement

Bekti menyebut pada puncak arus balik, diprediksi akan ada sekitar 21.000 penumpang yang berangkat dari Terminal Giwangan. Mayoritas kedatangan maupun pemberangkatan penumpang masih didominasi dari dan ke Jakarta mencapai 90% dari total angkutan mudik. Pada musim mudik kali ini, dalam sehari rata-rata ada 1.800 kedatangan dan 1900 pemberangkatan. Pada hari biasa, baik pemberangkatan maupun kedatangan ada di kisaran 1.700 per hari. 

Sedangkan untuk penambahan armada, menurutnya juga ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu penambahan armada saat Lebaran mencapai 868 bus maka sekarang ada sekitar 1000 bus. “Ramai-ramainya biasanya pukul 14.00 sampai 19.00 WIB,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement