SERTIFIKASI HOTEL : Oktober, Seluruh Hotel Wajib Tersertifikasi

SERTIFIKASI HOTEL : Oktober, Seluruh Hotel Wajib Tersertifikasi
04 Mei 2015 22:20 WIB Abdul Hamied Razak Ekbis Share :

Sertifikasi Hotel, pada Oktober 2015, seluruh hotel wajib bersertifikasi.

Harianjogja.com, JOGJA- Seluruh hotel harus lulus sertifikasi pada Oktober mendatang. Jika tidak, maka sanksi administrasi hingga pencabutan izin usaha bisa dilakukan.

Direktur Komersial PT. Sucofindo (Persero) Sufrin Hannan mengatakan Sucofindo ditunjuk menjadi salah satu Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) yang melakukan audit dan sertifikasi Usaha Hotel di wilayah Indonesia. Sucofindo, katanya, memberikan jasa bersifat integrasi dalam mekanisme “One Stop Services” dengan biaya yang kompetitif dan waktu yang efisien.

Dalam pelayanannya Sucofindo memberikan saran, masukan, pendapat serta rekomendasi untuk perbaikan sistem internal perusahaan maupun perbaikan berkelanjutan/continuous improvement. "Di Indonesia terdapat 22 LSU. Kami lembaga sertifikasi usaha pariwisata di mana terdapat 13 sektor yang kami nilai, termasuk sertifikasi akomodasi atau perhotelan," katanya usai seminar Pariwisata Jogja Istimewa, dengan tema “Industri Pariwisata Sebagai Kekuatan Perekonomian Jogja” Rabu (29/4/2015) di Sahid Rich Hotel, Jogja.

"Sertifikasi hotel ini diberlakukan pada 3 Oktober. Jika ada hotel yang tidak melakukan sertifikasi, ada mekanisme sanksi yang diberikan. Mulai sanksi administasi, pembatasan kegiatan usaha hingga pencabutan izin usaha," ujarnya.

Sampai saat ini, pihaknya telah memberi sertifikasi kepada lima hotel berbintang. Dua di antaranya berada di Jogja, Grand Tjokro Hotel dan Jogjakarta Plaza Hotel. "Sebanyak 10 hotel masuk dalam proses sertifikasi. Kami memiliki mekanisme untuk melakukan sertifikasi ini. Kalau ada LSU yang terbukti main mata, maka bisa dilakukan penindakan oleh Komisi Otorisasi Pariwisata," tegasnya.

General Manager Hotel Grand Tjokro Jogja Asteria mengatakan, hotelnya mendapatkan Sertifikasi Hotel oleh Sucofindo. Awalnya, terbersit kekhawatiran hotelnya akan kesulitan untuk lolos, mengingat Sucofindo merupakan lembaga yang berpengalaman dan bereputasi sangat baik sebagai lembaga sertifikasi internasional. "Selama kita mempersiapkan diri dengan baik, maka tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," kata dia.

Hasil audit dari Sucofindo dapat digunakan sebagai panduan untuk perbaikan selanjutnya. Selain itu Sucofindo yang berpengalaman dalam sertifikasi sistem mutu, safety, keamanan dan pengelolaan lingkungan, juga memberikan masukan mengenai hal tersebut kepada hotel kami," tutupnya.