Advertisement

Daripada Undang Maskapai Asing Masuk, Pemerintah Sebaiknya Bikin Standardisasi Tarif

John Andhi Oktaveri
Minggu, 16 Juni 2019 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Daripada Undang Maskapai Asing Masuk, Pemerintah Sebaiknya Bikin Standardisasi Tarif China Airlines - wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo menilai pemerintah seharusnya mengutamakan standardisasi tarif penerbangan alih-alih memasukkan maskapai asing untuk menurunkan harga tiket pesawat terbang.

Menurutnya, mengundang maskapai asing bersaing dalam industri penerbangan domestik sebagai salah satu solusi menurunkan tarif tiket pesawat tidak akan efektif. Selan itu, kehadiran maskapai asing juga bertentangan dengan prinsip penerbangan internasional. 

Advertisement

Dia juga mengataan eksistensi maskapai asing dalam jangka panjang akan mematikan maskapai lokal. Dia menilai standardisasi tarif tiket pesawat.

“Selama ini maskapai penerbangan nasional menggunakan tarif batas bawah atau perang tarif untuk menggaet konsumen. Akibatnya, maskapai merugi dan akhirnya kembali menggunakan tarif batas mereka,” ujarnya, Minggu (16/6).

“Sampai saat ini belum pernah disajikan harga normal atau standardisasi tarif tiket berdasarkan hitungan komponen biaya, fix maupun variable cost dengan komposisi yang tepat."

Dia menyarankan pemerintah untuk memberikan insentif atau mengurangi komponen harga seperti jasa kebandaraudaraan kepada maskapai nasional, termasuk maskapai untuk penerbangan jenis low cost carrier (LCC). Pasalnya, LCC masih dibebani biaya kebandaraudaraan yang sama dengan pesawat full service.

Agar maskapai sehat, perbandingan supply and demand juga harus seimbang. Jika supply berlebih, maskapai akan banting harga dan hal itu tidak akan sehat. 

“Karenanya jumlah armada harus dikendalikan pemerintah sebagai regulator, bukannya dilepas ke mekanisme pasar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement