Advertisement

OJK Rilis Buku Literasi Keuangan untuk PAUD

M. Richard
Kamis, 08 Oktober 2020 - 23:27 WIB
Maya Herawati
OJK Rilis Buku Literasi Keuangan untuk PAUD Salah satu dari 4 (empat) seri buku cerita bergambar yang diluncurkan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan buku literasi keuangan tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat.

Tak cuma itu, OJK bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, kantor regional/kantor OJK, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan pihak-pihak terkait di daerah melaksanakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan.

Advertisement

Kegiatan peluncuran buku ini diselenggarakan selama Oktober 2020 ini mengambil tema satukan aksi keuangan inklusif untuk Indonesia maju atau Aksessku. Dalam buku ini, OJK mengklaim telah membuat program pembelajaran yang menyenangkan dan mudah untuk dimengerti menjadi unsur yang penting pada program pembelajaran ini.

Secara umum, buku seri literasi keuangan tingkat PAUD yang disusun OJK memiliki 3 tema utama yaitu saving, sharing, dan spending. Buku ini disusun dengan cerita yang menyenangkan dan dekat dengan berbagai kejadian yang dialami anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dicerna oleh siswa PAUD.

Gaya Berbeda

Dalam keterangan resminya (7/10/2020), menurut OJK, buku ini juga diilustrasi dengan gaya yang berbeda dan didukung oleh karakter-karakter serta warna menarik dalam dunia fabel dan anak-anak. Buku seri literasi keuangan tingkat PAUD saat ini terdiri dari 4 (empat) seri buku cerita bergambar yaitu:

a. Buku 1 dengan judul “Yena dan Uang Hijau” mengusung sub tema mengenal makna dan fungsi uang dengan bertujuan untuk memperkenalkan konsep uang dan berbagai pecahan mata uang, serta memahami nilai tukar uang terhadap barang secara sederhana;

b. Buku 2 dengan judul “Penghapus Rama” mengusung sub tema kegunaan uang dengan tujuan untuk mengajarkan anak bagaimana menggunakan uang dengan bijak dan memprioritaskan kebutuhan dari keinginan;

c. Buku 3 dengan judul “Olin Gemar Menabung” mengusung sub tema menabung dengan tujuan untuk mengedukasi anak mengenai pentingnya menabung untuk mencapai tujuan finansial dan menggapai cita-cita anak;

d. Buku 4 dengan judul “Ketika Lilo Piknik” mengusung sub tema berbagi dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa empati sosial serta sikap dan perilaku berbagi kepada orang lain dan peduli terhadap sesama.

Buku ini juga dilengkapi dengan panduan bagi guru dan orang tua siswa mengenai bagaimana menggunakan buku seri literasi keuangan ini serta dilengkapi dengan berbagai aktivitas pendukung untuk siswa didik.

Distribusi Berkolaborasi

Distribusi buku PAUD ke depannya akan dilakukan melalui kolaborasi bersama pegiat literasi PAUD dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kelompok pegiat literasi PAUD tersebut terdapat pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Pusat yang juga mengelola beberapa sekolah PAUD di Jakarta.

Bersama HIMPAUDI ini, OJK akan mendistribusikan buku PAUD baik ke PAUD maupun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di seluruh Indonesia dengan didahului pelaksanaan Training of Trainers (ToT) bagi Guru/Pendidik dan Orang Tua untuk melatih dan mengajar Guru/Pendidik dan Orang Tua dalam menggunakan buku seri literasi keuangan dengan menggunakan metode read aloud (mendongeng).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement