Advertisement

Pelaku UMKM Tak Perlu Takut Masuk Rumah BUMN BRI

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 22 Maret 2022 - 09:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pelaku UMKM Tak Perlu Takut Masuk Rumah BUMN BRI Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah BUMN BRI dinilai bisa dijadikan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memperluas jaringan pemasaran maupun meningkatkan kemampuan dalam usaha.

Rumah BUMN merupakan sebuah langkah kolaborasi BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang diinisiasi Kementerian BUMN. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadikan Rumah BUMN sebagai sarana mengakselerasi pelaku UMKM agar go modern, go digital dan go global.

Advertisement

Pemilik Giriwangi, Raras Soetoro, mengungkapkan para pelaku UMKM perlu terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan memasukkan proposal produk ke Rumah BUMN BRI maupun Rumah BUMN binaan perusahaan pelat merah lainnya.

Ketika nantinya bisa lolos kurasi untuk menampilkan produk, para pelaku UMKM memiliki peluang besar mendapatkan pelatihan peningkatan kemampuan manajerial, pengepakan maupun memperluas jaringan.

Mendapat kesempatan untuk memajang produk di Rumah BUMN BRI, Giriwangi punya kesempatan untuk mendapatkan beragam pelatihan yang diberikan BRI dalam peningkatkan sumber daya manusia pelaku UMKM.

“Ketika memiliki detail dan perencanaan produk yang jelas, dari pemasaran sampai hal-hal teknis lainnya, peluang untuk lolos kurasi sangatlah besar. Kuncinya, tak boleh anti terhadap perkembangan zaman,” tutur Raras, beberapa waktu lalu.

Pemilik Kenandy Leather, Andy Purnawan, menambahkan para pelaku UMKM jangan takut mengirimkan proposal agar produk UMKM bisa tampil di gerai-gerai usaha, baik milik pemerintah maupun swasta.

Kuncinya, pelaku UMKM punya konsep jelas dari hulu sampai hilir mengenai produksi UMKM-nya. “Selain itu, pelaku UMKM juga perlu peka terhadap perkembangan zaman dan mencintai produk buatan sendiri. Kuasai perkembangan digital saat ini untuk melebarkan sayap pemasaran lewat media-media sosial,” ucapnya.

Punya fokus produksi pada buku jurnal bersampul kulit serta perlengkapan tulis, Rumah BUMN BRI jadi tempat Andy mendapatkan pelatihan, bimbingan maupun agenda peningkatkan kemampuan manajerial bisnis UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement