Advertisement

Bantuan TJSL PLN Wujudkan Kemandirian Ekonomi Warga Sekitar Sungai Mudal

Media Digital
Rabu, 14 September 2022 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bantuan TJSL PLN Wujudkan Kemandirian Ekonomi Warga Sekitar Sungai Mudal Mitra binaan PLN di Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulonprogo, DIY.. - Ist

Advertisement

JOGJA-PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) terus mendukung SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan di mana salah satu indikatornya adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Salah satu mitra binaan PLN di bidang pariwisata yang membawa manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar adalah Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Telah menjadi mitra PLN Peduli semenjak 6 tahun yang lalu, Ekowisata Sungai Mudal kian berkembang dan diminati para pengunjung. Destinasi wisata ini juga menyerap sebanyak 60 tenaga kerja lokal sebagai pengurus dan pengelola.

“Binaan dari PLN diharapkan dapat membantu mewujudkan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Rudi Hastaryo selaku pengelola.

Ia menambahkan Ekowisata Sungai Mudal, Rudi Hastaryo Selama tiga tahun terakhir pengunjung wisata ini terus mengalami peningkatan.

Tercatat dari Januari 2022 sampai dengan Agustus 2022 pengunjung Ekowisata Sungai Mudal mencapai 38 ribu orang yang mana meningkat sebanyak 52% dari tahun 2021.

Peningkatan pengunjung ini juga sebagai sinyal pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Sebelumnya pada 2016 lalu, PLN hadir memberikan bantuan program TJSL untuk membangun kawasan Sungai Mudal sebagai ekowisata.‎ Bantuan yang diberikan berupa pembangunan fasilitas pendukung seperti camping ground, tempat duduk, gazebo, pendopo, mushola, toilet, dan kolam pemandian.

Sementara itu Komisaris PLN, Eko Sulistyo pada kunjungannya Selasa, (13/9/2022) berpesan agar Ekowisata Sungai Mudal ini tetap dikelola komunitas setempat.

“Ekowisata ini milik warga setempat usahakan itu dipertahankan, supaya ekowisata ini tetap berbasis komunitas, sehingga nilai tambah yang diberikan oleh alam sekitar ini dapat memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Advertisement

Eko optimis wisata berbasis alam akan semakin diminati wisatawan terlebih lagi pasca pandemi.

“Ketika masyarakat sudah bosan di rumah, biasanya yang akan dicari adalah wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga terjangkau,” pungkas Eko.*

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Layanan Pemakaman Antar Kemantren Ini Jadi Juara I Anugerah Keterbukaan Informasi DIY 2022

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement