Advertisement

Tumbuhkan Wirausahawan Belia, BPD DIY Gandeng 8 Perguruan Tinggi

Media Digital
Kamis, 28 Desember 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Tumbuhkan Wirausahawan Belia, BPD DIY Gandeng 8 Perguruan Tinggi Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad (tengah) dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Wirausaha Belia dan Penyerahan Simbolis CSR Fasilitas Pojok UMKM di kantor BPD DIY, Kamis (28/12/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY menggelar acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Wirausaha Belia dan Penyerahan Simbolis CSR Fasilitas Pojok UMKM di kantor BPD DIY, Kamis (28/12/2023).

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis CSR senilai Rp10 juta yang digunakan untuk mendukung fasilitas program wirausaha belia.
Sejauh ini, BPD DIY menggandeng delapan perguruan tinggi di DIY guna menumbuhkan wirausaha belia.

Advertisement

Adapun, kedelapan perguruan tinggi tersebut masing-masing adalah Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Widya Mataram, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Mahakarya Asia, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Janabadra, dan STIE YKP Yogyakarta.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan ke depan tidak hanya dengan delapan perguruan tinggi, tetapi nantinya ditargetkan semua perguruan tinggi akan digandeng.

Menurutnya, Bank BPD DIY bertanggung jawab memajukan iklim wirausaha. "Sasaran kami khususnya wirausaha belia sebagai calon-calon tulang punggung perekonomian khususnya di DIY. Bahkan bisa berkiprah di kancah nasional dan internasional," kata dia, Kamis.

Melalui kerja sama tersebut, kata Santoso, mahasiswa bisa mendapatkan pendampingan, kurasi produk, peningkatan kapasitas usaha hingga pembiayaan. Serta pula mampu mendorong kemampuan digitalisasi baik untuk transaksi dan pemasaran.

"Kami bekerja sama dengan stakeholder dan di sini kami menjalin kerja sama dengan offtaker UMKM nasabah kami yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Nanti mereka berperan sebagai supplier yang memberikan peluang ke mahasiswa untuk bisa mengembangkan bisnis atau sebagai penampung hasil usaha. Offtaker sementara ini baru tiga, ke depan akan kami kembangkan lagi," paparnya.

Santoso menjelaskan, Bank BPD DIY memiliki tanggung jawab mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di DIY. Salah satunya melalui wirausaha belia. "BPD DIY dan Dinas Koperasi dan UKM DIY [Dinkop-UKM] melalui Sibakul mendorong bagaimana wirausaha bisa tumbuh sehingga berdampak ke pertumbuhan ekonomi," lanjutnya.

BACA JUGA: Bank BPD DIY Digital Lounge Jadi Ruang Pertunjukan Orkestra Selasa Wagen

Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY), Edy Suandi Hamid menyampaikan terima kasih kepada BPD DIY atas kerja sama tersebut.
Menurut Edy, tingginya pengangguran menjadi masalah yang dihadapi dewasa ini. pasalnya, mentalitas lulusan perguruan tinggi adalah mencari kerja bukan menciptakan pekerjaan.

"Oleh karena itu kampus bertanggung jawab mencetak entrepreneur. Mewakili kampus, kami ucapkan terima kasih. Insyaallah teman-teman dari kampus ada 102 perguruan tinggi bisa memanfaatkan jasa BPD DIY yang beberapa kegiatannya memberikan dukungan kepada kampus," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkop-UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menilai tidak mudah mengumpulkan dan menyatukan beberapa ide dari perguruan tinggi dan pakar-pakar hingga terselenggara kerja sama.

Itulah sebabnya, dia berharap kerja sama tersebut bisa menjadi salah satu inovasi terkait capaian rasio wirausaha. "Kami punya tugas meningkatkan kompetensi dari UKM. Kemudian penumbuhan wirausaha baru gak bisa tiba-tiba dari pemerintah tapi menjadi komitmen bersama," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tak Sesuai Aturan, Satpol PP Gunungkidul Copot Baliho Calon Kandidat Pilkada 2024

Gunungkidul
| Senin, 06 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement