Advertisement

Sebagian Besar Desa Wisata di DIY Masih Eksis

Anisatul Umah
Rabu, 19 Juni 2024 - 09:27 WIB
Maya Herawati
Sebagian Besar Desa Wisata di DIY Masih Eksis Wisatawan membajak sawah di Desa Wisata Candran, Bantul - Ist/Dinas Pariwisata Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian besar desa wisata di DIY yang jumlahnya mencapai 200 dan tersebar di kabupaten dan kota masih eksis. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forkom Desa/Kampung Wisata & Pokdarwis DIY, Andi Irawanto menyebut lebih dari 80% desa wisata hingga saat ini masih beroperasi dengan kondisi yang berbeda-beda.

“Ada yang sepi pengunjung dan ramai pengunjung. Kondisi ini utamanya dipengaruhi oleh faktor Sumber Daya Manusia (SDM)," ucapnya, Selasa (18/6/2024).

Advertisement

Andi mengatakan agar desa wisata ramai pengunjung inovasi harus terus digiatkan, sehingga wisatawan tidak bosan berkunjung. Berbagai kerja sama juga penting dilakukan.

Lebih lanjut dia mengatakan Kabupaten Sleman saat ini sedang melakukan klasifikasi desa wisata. Nantinya akan dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kondisi desa wisata yang ada. "Kondisi desa wisata beragam, ada yang ramai ada yang sepi," katanya.

BACA JUGA: Tak Ada Jaringan Air Bersih, Warga di Tiga Padukuhan Gunungkidul Mengonsumsi Air Hujan

Sebelumnya, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan beberapa desa wisata paketnya kurang kuat. Pendampingan terus dilakukan dengan menekankan pada paket-paket yang unik. Sehingga bisa lebih berkelanjutan.

Menurutnya desa wisata harus percaya diri dengan keunikan masing-masing Jangan hanya meniru desa wisata lain. "Kami terus membantu dan mendampingi, penekanan di paketnya," ucapnya.

Ia menyebut potensi desa wisata di DIY sangat besar, di Kabupaten Kulonprogo sudah ada empat yang mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), termasuk di kota dan kabupaten lainnya. Bahkan Desa Wisata Nglanggeran mendapat penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO).

"Potensinya luar biasa, tinggal desa wisata yang lain punya semangat sama dengan desa yang sudah punya award," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

74 Rumah dan 1 Gedung di Bong Suwung Bakal Dibongkar PT KAI Daop 6

Jogja
| Sabtu, 28 September 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement