Advertisement

Omzet Seloka 2024 Tembus Rp75 Juta, Dinkop UKM Jogja: Yang Terpenting, Produk UKM Laris

Media Digital
Minggu, 21 Juli 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Omzet Seloka 2024 Tembus Rp75 Juta, Dinkop UKM Jogja: Yang Terpenting, Produk UKM Laris Kepala Dinkop UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto (dua dari kiri) dalam acara penutupan Seloka 2024 di Lapangan Kenari, Minggu malam, (20/7/2024). - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Dinkop UKM) Kota Jogja menggelar pameran Sentra Industri Kecil Menengah Lokal (Seloka) 2024 di Lapangan Kenari sejak 12-20 Juli 2024. Omzet dari pameran tahun ini tercatat mencapai Rp75 juta.

Kepala Dinkop UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto mengatakan pameran Seloka 2024 tidak semata-mata mengejar omzet, tetapi yang lebih utama adalah IKM Kota Jogja yang produknya bisa dipromosikan.

Advertisement

Dia mengatakan pemeran ini digelar dengan sinergi berbagai pihak di antaranya 30 sentra IKM, Forkom UMKM di 14 kemantren, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kelompok UMKM binaan, dinas terkait, dan lainnya.

Kemudian pemangku kepentingan lain seperti Bank Indonesia (BI), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), hingga pusat oleh-oleh Krisna semua diundang dalam acara ini. "Meskipun omzet bukan semata-mata target, bisa kami sampaikan sepanjang gelaran sekitar Rp75 juta," ungkapnya ditemui dalam penutupan pameran Seloka 2024 di Lapangan Kenari, Minggu (20/7/2024) malam.

Dia menjelaskan Seloka akan menjadi kegiatan tahunan. Masyaraka juga antusias pada Seloka, kerap menanyakan kapan akan digelar lagi. Sementara itu, evaluasi dari Seloka 2024 ini adalah terkait dengan kualitas, ke depan akan ditingkatkan lagi khususnya pada produk.

Kemudian, dia berharap agar masing-masing tenant bisa bermitra dengan para pemangku kepentingan. Ke depan akan lebih banyak lagi yang diundang. Dikerjakan secara keroyokan seperti filosofi Kota Jogja Gandeng Gendong. "Seloka meski baru lokal ini ditunggu-tunggu, seperti pasar kangen," lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Seloka tahun ini tidak hanya berbasis produk, namun juga design. Seperti produk batik berbasis design dari Smart Batik. Menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jogja mengadakan lomba design batik sawit sebagai ajang promosi. "Tidak semata-mata berbasis produk, tapi berbasis desain batik," ungkapnya.

Kemudian untuk melahirkan wirausaha baru Dinkop UKM Kota Jogja juga punya komunitas Home Business Camp (HBC). Setiap tahun digelar pelatihan, sehingga anak muda yang awalnya hobi didorong jadi usaha.

Alumni HBC Angkatan Ketiga, Miftahudin Nur Ihsan sekaligus CEO Smart Batik Indonesia mengatakan awal mula membangun bisnis bisnis belum punya relasi dan modal. Akan tetapi dengan bimbingan dan arahan dari dinas dia bisa mengembangkan bisnis dengan brand Smart Batik dan brand turunannya Batik Sawit.

Dalam event ini yang ditonjolkan Smart Batik adalah terkait dengan inovasi dan edukasi. Smart Batik juga konsen pada pengembangan batik dengan malam berbasis sawit. "Menyubstitusi parafin kemudian kami ganti substitusi dari komponen dari sawit," ungkapnya.

Menurutnya produk Smart Batik sudah dipakai berbagai kementerian, dan terakhir dipakai di Rakornas Sawit Berkelanjutan. Tantangan ke depan menurutnya harus bisa menggandeng berbagai kementerian yang punya konsen pada hilirisasi kelapa sawit.

Ke depan akan mencoba bermitra dengan Kemenko Perekonomian, Kementan, dan Kemenperin. Saat ini secara operasional dan modal sudah aman, tinggal memperluas pasar. "Sistem kami kemitraan, kami ada 56 pembatik yang kolaborasi produk berapapun siap. 56 pembatik dari Jogja."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Keluyuran Bawa Pistol Mainan, Tiga Remaja Asal Sleman Ditangkap di Bantul

Bantul
| Sabtu, 07 September 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kulineran di Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kedai Burger Lokal

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement