Advertisement

Asyik... Pasar Beringharjo Tetap Buka sampai Malam di Bulan Ramadan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 05 Mei 2018 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Asyik... Pasar Beringharjo Tetap Buka sampai Malam di Bulan Ramadan Pasar Beringharjo mulai Kamis (11/4/2018) buka hingga malam hari. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Selama bulan Ramadan, operasional Pasar Beringharjo saat malam hari tetap berlanjut. Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan wisatawan, hal itu untuk mendukung wisata malam di Jogja.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan jam operasional pada malam hari di Pasar Beringharjo tetap berlanjut selama Ramadan.

Advertisement

"Jam buka pada malam hari [di Pasar Beringharjo] ini kan masih masa percobaan. Tapi operasional [malam selama Ramadan] tetap buka," katanya kepada wartawan, Jumat (4/5/2018).

Dijelaskan Heroe, berdasarkan data yang dia terima sejak pasar tradisional tersebut buka malam pada 11 April lalu,  jumlah kunjungan ke pasar tersebut saat malam hari cukup banyak. Bila hari normal, jumlah pengunjung yang datang antara 1.000-2.000 orang.

Peningkatan kunjungan terjadi antara Jumat, Sabtu dan Minggu. Selama akhir pekan, jumlah kunjungan antara 3.000 hingga 4.000 orang pengunjung. Jumlah tersebut dihitung mulai pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Jadi kunjungannya cukup tinggi. Kalau akhir pekan jumlah kunjungan saat akhir pekan hampir sama seperti jumlah kunjungan saat siang hari. Sekitar 4.000-an," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang menambahkan jumlah pengunjung saat malam didominasi pengunjung dari luar kota.

Indikatornya adalah, tempat parkir tidak penuh sehingga dimungkinkan pengunjung adalah wisatawan yang datang ke Jogja. "Kami akan terus melakukan evaluasi terkait operasional Pasar Beringharjo saat malam hari," katanya.

Dijelaskan dia, evaluasi terhadap operasional malam hari itu dilakukan setiap hari. Selain jumlah kunjungan, pihaknya juga mengevaluasi jumlah pedagang yang buka saat malam hari.

"Dalam dua pekan terakhir, jumlah pedagang yang buka pada malam hari masih fluktuatif. Paling banyak saat akhir pekan. Kalau hari normal yang buka turun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement