Advertisement

Inaca Harap Tarif Batas Bawah Penerbangan Bisa Naik Lagi

Rio Sandy Pradana
Selasa, 28 Agustus 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Inaca Harap Tarif Batas Bawah Penerbangan Bisa Naik Lagi Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/Inaca) mengapresiasi langkah pemerintah yang bersedia menaikkan Tarif Batas Bawah (TBB) sebesar 5% atau menjadi 35% dari Tarif Batas Atas (TBA). Namun, Inaca berharap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mempertimbangkan untuk kembali menaikkan TBB.

Ketua Umum Inaca Pahala N. Mansury mengatakan sejumlah komponen biaya operasional meningkat signifikan sepanjang 2018. "Penaikan ini tetap kami syukuri. Mudah-mudahan tetap ada kelanjutannya nanti," katanya, Selasa (28/8/2018).

Advertisement

Pahala menambahkan paling tidak penaikan TBB tersebut sudah bisa memberikan perbaikan terhadap pendapatan maskapai. Setiap maskapai pasti memiliki pendapat masing-masing terkait dengan persentase penaikan tersebut.

Pihaknya menilai penaikan TBB sebesar 10% tetap merupakan yang ideal terhadap kondisi industri penerbangan saat ini. Hal tersebut memperhatikan kenaikan harga avtur dunia dan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Kendati demikian, Inaca belum mendapatkan informasi terkait dengan pemberlakukan penaikan TBB tersebut.

"Sementara penaikannya segini dulu. Kami sudah sampaikan sebelumnya kepada Kemenhub, yang penting ada kenaikan TBB dulu," ujarnya.

Penyesuaian tarif tersebut dinilai bisa berpengaruh terhadap kelangsungan industri penerbangan. Biaya yang tinggi ditambah dengan potensi kenaikan jumlah penumpang membuat maskapai harus putar otak agar masih bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jasa.

Pahala menilai penaikan TBB tidak akan mempengaruhi daya beli penumpang. Hal tersebut melihat laju pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang masih positif.

"Bahkan, kalau dicermati, tarif tiket pesawat dengan rute yang sama justru mengalami penurunan hingga 10% dibandingkan dengan tahun lalu. Terlebih, tingkat persaingan di industri penerbangan juga tinggi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement