Advertisement

Laundry Digital Tawarkan Efisiensi Layanan, Seperti Apa?

Ema Sukarelawanto
Senin, 24 September 2018 - 05:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Laundry Digital Tawarkan Efisiensi Layanan, Seperti Apa? Ilustrasi smartphone - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR—Dunia teknologi inforamasi (TI) terus berkembang. Kali ini giliran bisnis laundry digital yang menawarkan fleksibilitas waktu kepada pemilik usaha terutama dalam hal manajemen operasional.

Sales Marketing PT LG Electronics Indonesia Judo Susanto mengatakan konsep bisnis laundry digital yang merupakan kerja sama LG dengan PT Triton Internasional. Menurutnya, gerai Netto Laundromart ini mendapat respons dari para calon wirasahawan mandiri. “Fasilitas mesin cuci dan pengering terhubung melalui aplikasi di ponsel yang bisa diakses dengan mudah oleh konsumen dan memberikan informasi kepada pemilik usaha terkait penggunaan mesin, pemasukan dan jumlah kunjungan kembali pelanggan,” katanya, Sabtu (22/9).

Advertisement

Informasi arus penghasilan dan kunjungan kembali pelanggan sendiri memungkinkan untuk didapat karena perbedaan cara transaksi pada konsep bisnis laundry digital ini. Judo mengatakan gerai ini tidak seperti kebanyakan laundry yang masih mengandalkan transaksi dengan uang langsung. Menurutnya, transaksi laundry digital ini menggunakan kartu khusus yang bertindak seperti layaknya uang elektronik.

Selain lebih aman dari kemungkinan penyelewengan transaksi, fleksibilitas waktu memungkinkan pemilik usaha dapat membuat keputusan bisnis tanpa harus mewajibkannya terus berada di lokasi usaha. Hal inilah yang membuat konsep ini membuka peluang lebih besar bagi para calon wirausahawan baik sebagai usaha utama maupun sebagai pendukung penghasilan utama dari bekerja di sektor formal. Tentang dukungan mesin cuci dan pengering, LG mengguakan teknologi inverter drive motor yang memastikan proses kerjak berjalan dengan hemat listrik.

CEO PT Omega Teknokogi Indonesia (Omega POS) Ong Pendopo Winoto mengatakan memberikan dukungan pembayaran nontunai berbasis QR Pay yang memanfaatkan QR code untuk semakin memberikan kenyamanan pelaanan kepada konsumen. Informasi transaksi ini akan langsung masuk ke ponsel pemilik usaha sehingga bisa membantu pemantauan usaha dari berbagai tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement