Youngyakarta Festival Angkat Potensi Produk Ekonomi Kreatif Anak Muda

Youngyakarta Festival Angkat Potensi Produk Ekonomi Kreatif Anak Muda Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi meninjau salah satu stan pameran di acara Youngyakarta Fest 2018 di Lapangan Parkir Timur Stadion Kridosono, Sabtu (13/10). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
16 Oktober 2018 06:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Potensi industri kreatif di Jogja terus tumbuh dan hal itu tidak terlepas dari peran anak-anak muda di kota ini. Memeriahkan HUT ke 262 Kota Jogja, Youngyakarta Festival dibuka dengan menghadirkan produk-produk kreatif anak muda.

Pameran produk kreatif ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi di Lapangan Parkir Timur Stadion Kridosono, Sabtu (13/10). Heroe mengatakan potensi yang dimiliki Jogja adalah anak-anak muda. Dinamika kota ini tidak saja pada kehidupan sosial, tetapi dengan peranan anak muda ini, sektor ekonomi juga tumbuh.

“Dalam kesempatan acara yang diberi tajuk Youngyakarta Fest ini menghadirkan gelar potensi ekonomi kreatif. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan terhadap pelaku usaha kreatif untuk dapat terlibat dalam upaya mendorong perekonomian kota ini,” ujar Heroe.

Heroe mengungkapkan banyak potensi yang dimiliki Jogja. Pihaknya berharap dengan kegiatan semacam ini dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan dan menjual produk-produk kreatif yang dimiliki Jogja secara langsung kepada masyarakat.

Lebih lanjut Heroe berharap 16 subsektor ekonomi kreatif juga dapat turut andil dalam mempromosikan produk kreatifnya. Sehingga, ke depan diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan transaksi di Jogja. “Karena dengan meningkatkan transaksi dari ekonomi kreatif ini, ada geliat usaha yang dilakukan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kota ini,” jelas Heroe.

Dalam rangka mendorong sektor ini, kata Heroe, pemkot memiliki keinginan untuk bisa menghadirkan ruang atau display tetap bagi potensi produk kreatif yang dimiliki Kota Jogja. Heroe menyebut display tersebut berupa pasar industri kreatif yang nantinya berisi potensi industri kreatif yang ada di kota ini.

“Ke depan nanti akan terus ada promosi yang dilakukan untuk produk-produk kreatif yang dimiliki Jogja di pasar tersebut. Ini salah satu cara baru untuk mendorong dan menjual potensi produk kreatif Jogja,” papar Heroe.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Yunianto Dwi Sutono menambahkan pameran ini diselenggarakan selama dua hari hingga Minggu (14/10). Dia mengatakan acara ini dikemas dengan konsep yang berbeda dan merupakan festival bagi anak muda. Produk yang dihadirkan dalam acara juga beragam. Antara lain produk clothing, lurik, home decor hingga produk makanan. “Tenant yang dihadirkan dalam festival ini adalah yang memiliki kegiatan ekonomi kreatif yang diharapkan dapat semakin berkembang,” jelas Yunianto.