Advertisement

Ora Food Angkat Potensi Lokal Rumput Laut

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 12 Maret 2022 - 06:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ora Food Angkat Potensi Lokal Rumput Laut Ricardus Marsudi Yuwono bersama Ora Food produksinya. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Resah dengan camilan olahan rumput laut produksi luar negeri yang merambah Indonesia, Ricardus Marsudi Yuwono mengangkat potensi lokal rumput laut dari kawasan pantai selatan.

Diolah menjadi keripik, Yuwono memilih bahan dasar rumput laut yang didapat dari pantai-pantai di Gunungkidul. Memulai produksinya pada 2019 dengan dibantu anak dan istri, kini bapak dua anak dari Jogja itu mulai bisa merangkul sanak saudaranya untuk ikut memproduksi Ora Food.

Advertisement

“Setelah jalan dua tahun terakhir ini, camilan berjenama Ora Food kini bisa didapat di sejumlah restoran, toko oleh-oleh ataupun di bandara Kulonprogo,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Jumat (11/3/2022).

Yuwono mengisahkan upayanya memasukkan Ora Food ke sejumlah restoran maupun toko oleh-oleh turut terbantu dengan bantuan permodalan dari BRI. Lewat kucuran dana itu, dirinya punya keberanian menitipkan dagangan ke tempat-tempat tersebut.

Selain dibantu permodalan, Yuwono juga mendapatkan lebih banyak jaringan pemasaran lewat koneksi antar-pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bawah binaan BRI. Tak cuma itu, ada agenda pelatihan-pelatihan peningkatan kemampuan memasarkan produk.

Dalam mendapatkan permodalan, pemilik Ora Food itu menuturkan dirinya tidak menemui kesulitan berarti. “Selama dalam proposalnya sudah ada kejelasan usaha, pola pemasaran dan pola produksinya, mungkin pelaku UMKM bisa lebih lancar mendapatkan bantuan modal,” tutur Yuwono.

Saat ini, Ora Food ingin memperbanyak jenis camilan yang diproduksi, antara lain abon rumput laut, yang akan dikonsep menjadi keripik tabur. “Tentunya masih berbahan rumput laut dari potensi lokal,” ucap Yuwono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement