Advertisement

Kepada Generasi Z dan Milenial, Jokowi: Wajib Punya 3 Kompetensi Ini

Maria Elena
Selasa, 05 April 2022 - 12:47 WIB
Arief Junianto
Kepada Generasi Z dan Milenial, Jokowi: Wajib Punya 3 Kompetensi Ini Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Pekan Milenial Naik Kelas 2022 yang diselenggarakan Bisnis Indonesia Group secara hibrida di Hotel Aryaduta, Jakarta (5/4/2022). - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa komposisi generasi milenial dan generasi Z (Gen Z) semakin dominan. Keduanya memiliki peran penting karena menjadi energi kemajuan bangsa Indonesia.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, komposisi penduduk generasi milenial (1981-1996) mencapai 25,87% dari total penduduk Indonesia 270,20 juta jiwa atau sekitar 69 juta penduduk.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Generasi milenial dan generasi Z harus terus didukung untuk mendapatkan bekal agar mampu mengoptimalkan masa produktifnya," tegas Jokowi, dalam sambutannya di Pekan Milenial Naik Kelas 2022 yang diselenggarakan secara hibrida di Hotel Aryaduta, Jakarta (5/4/2022).

BACA JUGA: Harian Jogja-Sinar Mas Gelar Bazar Minyak Goreng, 2 Liter Harganya Rp30.000

Menurutnya, milenial harus memiliki tiga kemampuan atau kompetensi penting, yakni melek finansial, berwirausaha dan menguasai keahlian digital.

Di samping ketiga kemampuan tersebut, dia mengingatkan generasi milenial dan generasi Z harus tetap memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Jokowi menilai melek finansial penting agar kaum muda memiliki perencanaan keuangan yang baik, sehingga mampu menyeimbangkan pola konsumsi dan investasi. Kemudian, Jokowi mengatakan Indonesia membutuhkan banyak wirausaha agar semakin maju, sesuai karakter kaum muda, semangat kreatif dan berani mengambil risiko, lincah, mudah beradaptasi, dan menyukai hal-hal baru.

BACA JUGA: Hanya Rp15.000, Bisa Bawa Pulang Keramik Keren di Qhomemart

"Dengan menjadi wirausaha, anak muda tidak bergantung pada pekerjaan, tetapi sebaliknya menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga membantu masyarakat sekitar mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga berpesan bahwa anak-anak muda tidak boleh tertinggal dalam pemanfaatan teknologi digital. Pasalnya, hampir seluruh kegiatan masyarakat saat ini, sebut saja belajar, investasi, belanja, liburan dan kesehatan, semuanya bergantung pada perangkat digital.

"Ini memaksa kita melek digital dan tidak gaptek agar tidak ketinggalan di berbagai peluang dan kesempatan," tegasnya.

Terakhir, kepada generasi milenial, Jokowi juga berpesan agar terus mengembangkan keahlian masa depan (future skills), serta memiliki kepercayaan yang tinggi dan siap berkompetisi dengan talenta global, dan memberikan kebanggaan bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Warga Sleman Kini Bisa Buat KK dan Akta di Kalurahan

Sleman
| Selasa, 31 Januari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement