Advertisement

Demi Turunkan Harga, 15 Ton Telur Ayam Didatangkan Pemda DIY dari Blitar

Anisatul Umah
Rabu, 24 Mei 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Demi Turunkan Harga, 15 Ton Telur Ayam Didatangkan Pemda DIY dari Blitar Ilustrasi pedagang telur di Pasar Kotagede. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) DIY mendatangkan telur ayam negeri dari Blitar, Jawa Timur serta dari sejumlah peternak DIY untuk menstabilkan harga.

Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti mengatakan pekan lalu sudah ada 10 ton telur didatangkan dari Blitar, sedangkan yang dari sejumlah peternak di DIY berjumlah 1,5 ton.

Advertisement

“Pekan depan, sebanyak 5 ton telur dari Blitar akan kembali didatangkan. Dengan begitu, jika ditotal, maka ada 15 ton telur ayam didatangkan dari Blitar,” kata dia, Rabu (24/5/2023).

Adapun distribusi dan pemasaran telur-telur itu dilakukan melalui Segoro Amarto dan pedagang yang sanggup menjual di bawah harga pasar.

BACA JUGA: Harga Telur Ayam Melambung Tinggi, Begini Penjelasan Distributor

Dia menambahkan, Disperindag juga telah melakukan perjanjian kesepakatan dengan pedagang. Kesepakatan itu adalah jika pedagang kedapatan menyalahi aturan maka tidak akan diikutkan lagi dalam program operasi pasar selanjutnya.

"Kami bekerja sama dengan BI sudah tiga kali bulan lalu [sejak operasi pasar]. Operasi pasar digelar sesuai dengan kebutuhan. Komoditas yang mengalami kenaikan harga memang telur, tetapi dibanding hari sebelumnya, sudah mengalami penurunan Rp500," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kenaikan harga telur ini tidak hanya terjadi di DIY, tetapi secara juga terjadi secara nasional. Kenaikan ini disebabkan beberapa hal, seperti berkurangnya produksi dan kenaikan harga pakan. "Permintaan juga naik, selain untuk hajatan, juga ada bantuan sosial skala nasional," lanjutnya.

Berdasarkan data dari Disperindag DIY, harga telur ayam per 23 dan 24 Mei 2023 adalah Rp30.500 per kilogram, turun dari Senin (22/5) yang mencapai Rp31.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement