Advertisement

Cegah Inflasi, BI DIY Ajak Masyarakat Bijak Berbelanja di Akhir Tahun

Anisatul Umah
Jum'at, 24 November 2023 - 12:57 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Inflasi, BI DIY Ajak Masyarakat Bijak Berbelanja di Akhir Tahun Ilustrasi-Bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Yogyakarta. - Antara/Eka AR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY mengajak masyarakat untuk bijak dalam berbelanja di akhir tahun. Sebab seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan permintaan bahan pokok meningkat di akhir tahun.

Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Ibrahim mengatakan tekanan atau kenaikan pada permintaan menyebabkan inflasi di akhir tahun. Tentu saja, kata Ibrahim, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tidak akan tinggal diam, TPID sudah tahu siklus-siklus mana yang harus diantisipasi.

"Sebenarnya kalau inflasi akhir tahun iya, karena ada sisi tekanan atau kenaikan permintaan. Yang penting bagi kami adalah belanja bijak, ketika konsumsi meningkat ya belanja secukupnya saja," ucapnya, Jumat (24/11/2023).

Tidak hanya saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), siklus inflasi juga terjadi pada momen lain seperti lebaran dan bulan puasa. Antisipasi dilakukan dengan strategi 4K meliputi keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

"Kami yakinkan juga kepada masyarakat semua, dengan adanya Nataru ini kebutuhan bahan pasokan cukup. Kemarin saya mendengar pasokan barang seperti cabai sudah mulai panen di Kulonprogo ya, bahkan lebih baik dari tahun lalu yang harganya meningkat. Jadi kami harapkan harga-harga tetap stabil," jelasnya.

BACA JUGA: BI DIY Tegaskan Biaya MDR QRIS Ditanggung Merchant, Bukan Pembeli

Advertisement

Sebelumnya, Pemda DIY memastikan stok pangan di wilayahnya aman sampai dengan akhir tahun. Pengendalian harga nantinya akan dilakukan dengan menggelar operasi pasar di sejumlah titik agar harga kebutuhan tetap stabil.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti memastikan sampai dengan akhir tahun nanti stok pangan di wilayahnya masih aman untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat.

"Kalau stok untuk akhir tahun masih cukup ya dan untuk pasar murah masih akan kita upayakan sampai akhir tahun ada. Akan kita gerakkan dengan CSR dan juga dari beberapa distributor yang akan bergerak terus untuk pasar murahnya." (Anisatul Umah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Diprediksi Terjadi di Seluruh Kota Termasuk Jogja

Jogja
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement