Advertisement

Kemenhub Optimistis Tarif Dinamis Kereta Cepat Mampu Kerek Jumlah Penumpang Naik

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Selasa, 30 Januari 2024 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kemenhub Optimistis Tarif Dinamis Kereta Cepat Mampu Kerek Jumlah Penumpang Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim. - JIBI/Dok. KCIC

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai penerapan rencana penerapan skema tarif dinamis (dynamic pricing) untuk moda Kereta Cepat WHOOSH dapat mendorong jumlah penumpang.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan penerapan skema tarif untuk kereta cepat merupakan wewenang PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator. Menurutnya, skema ini merupakan salah satu upaya KCIC untuk meningkatkan jumlah penumpang, terutama pada jam-jam nonsibuk (off peak hours). "Kami menyambut baik inisiatif KCIC terkait skema tarif ini. Pemberlakuan ini dalam rangka meningkatkan layanan sekaligus okupansi kereta cepat di jam-jam tidak sibuk," kata Adita pada Selasa (30/1/2024).

Advertisement

Secara terpisah, General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan harga tiket Kereta Cepat WHOOSH untuk kelas Premium Economy dengan skema dinamis akan dijual mulai dari Rp150.000, Rp175.000, Rp200.000, Rp225.000, hingga Rp250.000. Dia mengatakan skema ini akan berlaku mulai 3 Februari 2024 mendatang hingga ada kebijakan terkait tarif yang selanjutnya.

Adapun, Eva juga tidak memperinci secara detail jangka waktu pemberlakuan skema tarif dinamis ini. "Sejauh ini akan diberlakukan skema dynamic pricing mulai 3 Februari 2024. Tidak bisa dibilang juga akan selamanya pakai skema ini, pasti dari KCIC juga akan melakukan improvisasi terkait tarif ini ke depannya," jelasnya.

Baca Juga

Kereta Cepat Segera Hadir di Jogja, Pustral UGM: Perhatikan Skema Pembiayaan

Kereta Cepat Segera Hadir di Jogja hingga Surabaya, Ini Kata Luhut

Kereta Cepat Whoosh Gunakan Tarif Dinamis Mulai 3 Februari 2024, Termurah Rp150.000

Sebelumnya, Ketua Forum Transportasi Perkeretaapian dan Angkutan Antarkota Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Aditya Dwi Laksana mengatakan penerapan tarif dinamis merupakan salah satu strategi KCIC untuk menggenjot tingkat okupansi penumpang. Menurutnya, penerapan tarif dinamis ditujukan untuk meningkatkan okupansi penumpang terutama pada periode nonsibuk (off peak) seperti hari kerja.

Aditya menuturkan tingkat okupansi kereta cepat saat tarif yang diberlakukan Rp150.000 masih cukup tinggi. Namun, tren tersebut mengalami penurunan saat tarif WHOOSH yang diberlakukan pada kisaran Rp200.000-Rp250.000. "Harapannya dengan Rp150.000 di periode non sibuk itu bisa meningkatkan okupansi," ujar Aditya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Minggu 28 April 2024

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement